News

Tiba di Sibolga, Dua WNA Langsung Diperiksa oleh Tim Kesehatan dan Polisi

FaseBerita.ID – Petugas medis Puskesmas Sibolga Utara dan polisi memeriksa kesehatan dua Warga Negara Asing (WNA) berasal dari Amerika Serikat (USA) dan Afrika yang baru tiba di Kota Sibolga, Rabu (15/4) lalu.

Hal ini dilakukan sebagai langkah pencegahan penyebaran virus corona (Covid-19).

Kedua WNA tersebut rencananya akan melanjutkan perjalanan menuju Pulau Nias. Menunggu waktu keberangkatan, mereka kemudian menginap di Hotel Dainang Sibolga.

Pemeriksaan kesehatan kedua WNA tersebut didampingi pihak Kelurahan Simaremare bersama pihak kepolisian.

Lurah Simaremare, Mahmud Tanjung saat dikonfirmasi wartawan membenarkan adanya dua WNA yang baru tiba di Sibolga tersebut. Pemeriksaan dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran virus corona atau Covid-19.

“Maka kami dari pihak Kelurahan Simaremare bersama tim medis Kecamatan Sibolga Utara dan aparat kepolisian langsung melakukan pengecekan kondisi kesehatan dan pemeriksaan kedua WNA ini yang baru tiba di Kota Sibolga,” ujar Mahmud.

Dijelaskannya, kedua WNA tersebut tiba di kota Sibolga melalui jalur darat. Sebelumnya, mereka berangkat ke Indonesia melalui Penang, Malaysia.

Tujuan mereka ke Nias, untuk menemui keluarga. “Kedua WNA ini juga mengaku hanya singgah selama satu hari dan akan berangkat di hari yang sama menuju kepulauan Nias, untuk melihat keluarganya. Karena keuangan mereka juga sudah menipis,” jelasnya.

Adapun identitas kedua WNA tersebut, yakni Brynna Margaret (24) warga Negara Amerika Serikat dan Annuske (21) Warga Negara Afrika. Dari hasil pemeriksaan tim medis Puskesmas menyatakan bahwa keduanya secara umum dalam kondisi baik. “Dan tidak ada tanda-tanda medis yang menunjukkan terpapar virus corona atau Covid-19,” pungkasnya.

Pada kesempatan tersebut, Mahmud juga mengimbau kepada masyarakat Kota Sibolga, khususnya di Kelurahan Simaremare, untuk melapor kepada kepling atau pihak kelurahan dan kepolisian bila melihat WNA.

Kemudian, senantiasa menjaga kesehatan, selalu menggunakan masker dan rajin cuci tangan menggunakan sabun antiseptik atau memakai hand sanitizer. (ts)