News

Terminal Pelabuhan Sibolga Resmi Beroperasi

SIBOLGA, FaseBerita.ID – Terminal penumpang Pelabuhan Sibolga resmi beroperasi, melayani masyarakat pengguna jasa kapal penyeberangan tujuan Sibolga-Nias, mulai hari Senin (2/9/2019) malam lalu. Terminal penumpang Pelabuhan Sibolga ini, sebelumnya telah diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 17 Maret 2019 yang lalu.

General Manager (GM) PT Pelindo I Cabang Sibolga Suhari mengungkapkan, sesuai jadwal, terminal penumpang buka setiap hari mulai pukul 15.00 WIB-22.00 WIB.

“Kapal penyeberangan di Pelabuhan Sibolga yang melayani penumpang tujuan Sibolga-Nias (PP), di antaranya, KM Wira Glory, KM Wira Victory, KM Wira Prime, dan KM Wira Ono Niha,” jelasnya.

Menurut Suhari, pihaknya sudah membuat aturan, mekanisme dan pengamanan, agar penumpang merasa aman dan nyaman saat berada di pelabuhan.

“Kita berharap, masyarakat dapat mengikuti aturan yang sudah ditetapkan, demi kenyamanan bersama,” ujar Suhari di acara peresmian operasional terminal penumpang, Senin (2/9/2019).

Dia menjelaskan, proses pelayanannya yakni sebelum masuk ke terminal, calon penumpang wajib membeli pass di pintu masuk pelabuhan.

“Selanjutnya, calon penumpang melakukan check in di counter terminal penumpang. Kemudian petugas terminal melakukan cek pass dan tiket penumpang,” bebernya.

Setelah itu, lanjutnya, para penumpang masuk ke ruang tunggu terminal, petugas akan memberi instruksi masuk ke kapal melalui jembatan langit (sky bridge) yang menghubungkan ruang tunggu ke dermaga pelabuhan.

Dia mengatakan, Pelindo Sibolga juga sudah menyiapkan aturan terkait barang bawaan penumpang, diantaranya penumpang hanya bisa membawa barang dengan berat masksimal 45 kg ke dalam terminal.

“Bila barang bawaannya lebih dari 45 kg, akan dikenakan tarif tersendiri,” ujarnya.

Untuk kenyamanan penumpang dan pelayanan, lanjutnya, warga yang mengantar penumpang tidak boleh masuk ke dalam terminal.

“Warga pengantar hanya boleh sampai di pintu. Bahkan hewan juga tidak bisa masuk ke dalam terminal,” tandasnya.

Operasional terminal penumpang ini ditandai pengguntingan pita oleh Kepala Kantor Syahbandar Otoritas Pelabuhan (KSOP) Agustia Waruwu, dan dilanjutkan dengan pelayanan perdana terhadap sejumlah penumpang yang akan berangkat ke Nias. (rb/osi)