News

Terlalu Lama Main Smartphone: Gangguan Syaraf Otak dan Mata

Ada dampak negatif jika terlalu lama menggunakan smartphone, mulai dari gangguan syaraf otak dan gangguan mata. Seperti yang kita ketahui, masyarakat pada era ini tidak bisa lepas dari smartphone untuk aktifitas kesehariannya.

Baik itu untuk bertukar pesan, membaca berita, atau bermain game. Banyak yang tidak menyadari adanya dampak buruk jika terlalu lama menggunakan smartphone. Berikut ini dirangkum beberapa dampak negatif pada kesehatan jika terlalu lama menggunakan smartphone.

1. Penglihatan terganggu
Saat kita berlama-lama melihat layar smartphone dapat mengakibatkan penglihatan terganggu. Dalam dunia kedokteran, gangguan penglihatan tersebut disebut Computer Vision Syndrome (CVS) dengan gejala mata kering karena jarang berkedip dan mata menjadi lelah.

Untuk menghindari CVS, kurangi memandangi layar smartphone terlalu lama dan hindari tempat gelap yang memicu otot dan syaraf mata bekerja lebih berat.

2. Perubahan bentuk tulang menjadi tidak normal
Saat sedang fokus menggunakan smartphone, biasanya kita tidak menyadari posisi duduk. Biasanya, posisi membungkuk sering ditemukan pada pengguna yang sangat fokus dalam menggunakan smartphone.
Posisi tersebut tidak baik bagi postur tubuh karena dapat mengakibatkan membungkuknya tulang belakang saat umur 40 tahun ke atas.

3. Mengganggu kualitas tidur
Banyak di antara pengguna yang terlalu lama menggunakan smartphone saat akan tidur. Radiasi pada layar smartphone dapat mengakibatkan otak kita mengganggap malam hari menjadi siang hari. Ini membuat kita sulit untuk tidur dengan kualitas yang baik.

Baca juga: Kecanduan Main Game Smartphone, Pemuda 19 Tahun ini Buta

4. Menimbulkan kecanduan
Berkat perkembangan teknologi yang terus meninggkat membuat smartphone dapat melakukan banyak fungsi. Mulai dari mengirim e-mail, chatting, berselancar di internet, menonton video, hingga bermain game. Saat sedang fokus menggunakan smartphone, biasanya kita tidak menyadari posisi duduk. Biasanya, posisi membungkuk sering ditemukan pada pengguna yang sangat fokus dalam menggunakan smartphone. Posisi tersebut tidak baik bagi postur tubuh karena dapat mengakibatkan membungkuknya tulang belakang saat umur 40 tahun ke atas.

3. Mengganggu kualitas tidur
Banyak di antara pengguna yang terlalu lama menggunakan smartphone saat akan tidur. Radiasi pada layar smartphone dapat mengakibatkan otak kita mengganggap malam hari menjadi siang hari. Ini membuat kita sulit untuk tidur dengan kualitas yang baik.

4. Menimbulkan kecanduan
Berkat perkembangan teknologi yang terus meninggkat membuat smartphone dapat melakukan banyak fungsi. Mulai dari mengirim e-mail, chatting, berselancar di internet, menonton video, hingga bermain game. Penelitian yang dilakukan oleh tim dari Rutgers University mengatakan, untuk menyembuhkan pecandu smartphone, terapi yang dilakukan sama dengan terapi untuk pecandu narkoba.

5. Sakit Kepala
Akibat posisi leher yang salah dan otot mata yang tegang karena terlalu lama melihat layar smartphone dapat mengakibatkan sakit kepala. Selain itu, kemungkinan terburuknya dapat mengakibatkan rabun jauh. Untuk mengurangi dampak buruknya, dapat dilakukan dengan istirahat yang cukup, kurangi melihat layar smartphone terlalu lama, dan menjaga jarak antara mata terhadap layar tidak terlalu dekat.

6. Gangguan syaraf otak
Radiasi ponsel pintar sangatlah berbahaya bagi tubuh manusia. Gelombang elektromagnetik yang dihasilkannya dapat memicu terjadinya kerusakan pada syaraf otak manusia. Radiasi yang lebih kuat akan dihasilkan saat digunakan untuk menelepon.

Untuk menjaga kesehatan syaraf kita, gunakanlah earphone saat menelepon dengan durasi yang lama dan jangan gunakan ponsel untuk menelepon saat baterai dibawah 10 persen. (int)