News

Terhalang Banjir, Jenazah Dibawa Pakai Perahu ke Kuburan

FaseBerita.ID – Warga di Dusun Sumber Sari, Desa Perkebunan Sei Balai  Kabupaten Batubara, terpaksa membawa jenazah keluarga mereka yang telah meninggal menuju pemakaman umum dengan perahu karet menuju desa tetangga untuk dimakamkan karena ketinggian air banjir akibat tanggul jebol di sungai Sikasim di desa mereka belum juga surut.

Zulkarnain, salah seorang warga sekitar mengatakan, pihak keluarga duka dibantu BPBD Kabupaten Batubara terpaksa mendorong keranda jenasah menggunakan perahu karet karena jalan yang mereka lalui menuju pemakaman terendam banjir.

“Iya (keranda jenazah) dibantu pakai perahu karet untuk menerobos banjir. Sudah empat hari ini air belum juga surut,” ujarnya Kamis (10/12).

Warga terpaksa nekat menerobos banjir dengan membawa jenazah, sebab itu adalah satu-satunya akses jalan keluar masuk mereka yang terendam air hingga ketinggian 80 cm sepanjang kurang lebih 1 kilometer.

Banjir merendam desanya itu mengakibatkan sedikitnya 200 rumah warga terdampak antara 20 hingga 60 cm.

Sebagian warga yang berusia lansia serta anak-anak telah dievakuasi ke tempat aman di posko pengungsian. Sementara itu beberapa warga lain memilih bertahan di rumah mereka menunggu  banjir surut.

Sementara itu, Supardiyanto, salah seorang petugas BPBD mengatakan, jenazah warga tersebut tidak bisa dimakamkan di TPU terdekat setempat yang saat ini terendam banjir. Olehkarena itu warga terpaksa menerobos banjir dan membawa jenazah untuk dimakamkan.

“Kita memakamkannya ke desa tetangga yang saat ini tidak terdampak banjir,” katanya. (Per/fabe)