News

Terbakar, Asrama Putra Pesantren di Madina

FaseBerita.ID – Gedung asrama putra pesantren Musthafawiyah Purba Baru di Desa Purba Baru, Kecamatan Lembah Sorik Merapi, Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Sumatera Utara (Sumut) terbakar, Selasa (2/1) sore.

Gedung berlantai tiga itu terbakar sekitar pukul 18.00 WIB. Tak ada korban jiwa maupun luka-luka dalam musibah kebakaran tersebut.

Sebab, gedung itu belum ditempati oleh santri putra yang belajar di pondok pesantren tertua di Sumatera Utara ini.

Api hanya menghanguskan sekitar dua ruangan yang berada di lantai tiga beserta plafon atasnya. Kobaran api berhasil dipadamkan sekitar satu jam kemudian.

Kasatpol PP Madina Lismuliyadi membenarkan terjadinya musibah kebakaran pada salah satu gedung asrama putra di pesantren Musthafawiyah Purba Baru.

“Kejadiannya sekira pukul 18.00 Wib, satu jam kemudian api sudah berhasil dipadamkan,” kata Lismulyadi, Selasa malam.

Pihaknya dalam musibah itu menurunkan satu unit mobil Damkar. Dikatakannya petugas yang tiba di lokasi kesulitan mencapai gedung yang terbakar. Karena lokasi gedung yang berada di dataran tinggi.

“Petugas pun menggunakan mesin kompresor yang disambungkan selang untuk melancarkan air guna mematikan kobaran api,” jelasnya.

“Saat ini petugas masih berada di lokasi melakukan pendinginan,” tambahnya.

Sementara, untuk penyebab kebakaran sampai saat ini belum dapat dipastikan.

Beberapa santri putra yang ditanyai di lokasi mengaku kalau saat itu mereka sedang bermain sepakbola tak jauh dari lokasi gedung. Kemudian, melihat api muncul dari lantai tiga gedung.

“Enggak tau pak kami tadi lagi bermain bola di lapangan, dan melihat api dari lantai tiga,” kata sejumlah santri.
Mereka mengatakan, bahwa gedung itu belum ditempati oleh santri putra, namun peralatan tempat tidur dan perlengkapan sarana pendidikan lainnya sudah ada di gedung.

Pimpinan (Mudir) pondok Musthafawiyah Purba Baru Musthafa Bakri hingga kini belum berhasil dimintai keterangan terkait musibah kebakaran tersebut. (Mag01/fabe)

iklan usi