News

Tapanuli Utara Level 3 Penyebaran Covid, 150 – 300 Kasus Setiap Hari

TAPUT, FaseBerita.ID– Sejak terbitnya surat edaran Bupati Tapanuli Utara, Nikson Nababan mengenai Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mikro pada 19 Juli kemarin, hingga kini Kabuapten Taput sudah pada level III tingkat penyebaran Covid-19.

Kondisi tersebut disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Taput, Alex gultom melalui kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Saroha Nababan, Senin (26/7/2021).
Dia juga menerangkan dalam seminggu terakhir ini, kondisi tiap hari terjadi pertambahan secara signifikan kasus warga yang terpapar covid-19.

Di mana belakangan ini ada pertambahan kasus covid-19 setiap harinya dengan rata-rata di atas 30 warga terkonfirmasi terpapar Covid 19 di Taput.
Bahkan 10 hari belakangan ini, ada sekitar 150-300 kasus Covid 19 setiap harinya yang terjadi.

“Kalau akumulatif satu hari itu sekarang di angka 150 sampai 300 kasus yang positif, yang kita pantau dalam 10 hari terakhir,” terangnya.

Sedangkan peningkatan kasus sesuai survei, menurut Saroha, adalah transmisi kasus, semisal penduduk yang keluar kota dan penduduk luar yang ke Taput termasuk juga pesta-pesta.
Untuk mengurangi penyebaran Covid-19 ini, Dinas kesehatan Taput telah melakukan langkah-langkah taktis seperti memperkuat Test, Tracing dan Treadment (3T) di setiap Puskesmas.

“Selain memperkuat 3T tersebut, Dinas kesehatan juga melakukan sosialisasi 5M ke warga serta perawatan Intensif bagi warga yang menjalani isolasi mandi dengan gejala ringan,” jelasnya.
Terakhir, Saroha menyarankan, agar masyarakat mematuhi prokes, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas untuk membatasi penyebaran Covid 19. (gs/fabe)