News

Tanggul Sungai Asahan Jebol Bahaya Banjir Mengancam

FaseBerita.ID – Sungai Asahan adalah sungai aliran dari Kabupaten Toba menuju Kota Tanjung Balai yang melintasi Kabupaten Asahan. Sungai tersebut memiliki tanggul yang terletak di Dusun XIII, Desa Sei Dua Hulu, Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Asahan. Tanggul tersebut kini telah jebol, Senin (7/12).

Penasaran dengan jembolnya tanggul tersebut, warga sekitar berdatangan untuk menyaksikan. Tampak tak takut, sebagian warga berani berdiri di atas tanggul.

Salahsatu warga sekitar, Jaimin menerangkan, tanggul tersebut jebol sejak pukul 13.00 wib. “Air naik dari bawah, terus tanggulnya gak kuat. Jedinya jebol,” katanya.

Jaimin khawatir, jika air sungai Asahan meluap, maka kampung tempat tinggalnya berpotensi terendam banjir.

“Kalau seperti ini kejadiannya, kampung kami bisa banjir,” keluhannya.

Sungai Asahan ini hanya memiliki satu pintu buangan air dari tiga sungai. Prediksi masyarakat, apabila tanggul tersebut hancur semua sangat berpotensi tinggi Kota Tanjungbalai Balai pun terendam banjir.

Terpisah, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Asahan, Asrul Wahid menyatakan bisa saja Kota Tanjungbalai terkena imbas dari jebolnya tanggul tersebut.

“Banjir bisa saja terjadi karena aliran sungai yang jebol tersebut menuju ke ujung Tanjungbalai. Kalaulah hujan, maka semakin tinggi dampak terhadap kota Tanjungbalai balai,” tuturnya.

Hingga saat ini, BPBD belum menambah posko pengungsian untuk para warga korban banjir. Maka dari itu, pihaknya akan selalu melakukan koordinasi dengan pihak kecamatan.

“Saat ini pengungsi mencapai 200 orang. Apabila cuaca hujan terus maka bisa saja bertambah jumlahnya mencapai 100-150 persen,” pungkasnya. (bay/fabe)

iklan usi