News

Tangani Politik Uang, Panitia Gandeng Polisi Saat Pilkades di Paluta

PALUTA, FaseBerita.ID – Panitia Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Gunung Tua Tonga, Kecamatan Padang Bolak gencar melaksanakan road show silaturahmi Keamanan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) menjelang Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di desa Gunung Tua Tonga, November 2019 mendatang.

Ketua Panitia pelaksana Pilkades Gunung Tua Tonga Ginda Harahap bersama jajarannya didampingi Ketua BPD Tongku Banua Sadesa menggandeng kepolisian dan menyerahkan nota kesepahaman atau MoU untuk menangani politik uang.

Kapolsek Padang Bolak AKP Zulfikar SH menyambut baik gagasan panitia Pilkades Gunung Tua Tonga membentuk MoU dalam memerangi potensi money politik di Pilkades serentak November 2019.

Kapolsek juga mengatakan sudah saatnya semua pihak serius menangani money politik. “Jika ada laporkan saja langsung, biar kita tindak,” ujar Kapolsek diamini ketua Panitia Ginda Harahap, Rabu (11/9/2019) di ruang kerjanya.

Ketua Panitia Pilkades Ginda Harahap menyampaikan di dalam Perbup tentang Kepala Desa yang salah satunya mengatur teknis Pilkades disebutkan apabila ada calon yang memberi atau menerima sesuatu selama masa kampanye, bisa diberi sanksi sesuai peraturan yang berlaku.

Ginda mengajak agar MOU yang telah ditetapkan tersebut harus didukung bersama oleh semua pihak. Dengan melibatkan semua tokoh agama, tokoh masyarakat dan semua komponen untuk berkomitmen menciptakan situasi yang aman, kondusif dan terlaksananya pilkades yang beradab dan bermartabat.

“Harapan saya pilkades serentak ini menyenangkan dan tanpa politik uang demi untuk kemaslahatan desa. Jadikan demokrasi pilkades yang menggembirakan bagi warganya,” pungkasnya. (ais)