News

Tambang Galian C di Air Batu Resahkan Warga

ASAHAN, FaseBerita.ID – Dua titik tambang galian C jenis tanah urug di Dusun 4 Desa Air Teluk Hessa Kecamatan Air Batu, Kabupaten Asahan, resahkan warga setempat.

Pasalnya, sejumlah pengusaha tak mengindahkan permintaan warga terkait penyiraman debu akibat reruntuhan tanah urug yang dibawa ratusan truk per hari, yang tak ditutup tenda saat melintasi desa. Hal ini diungkapkan YS (54) warga setempat kepada awak media di desa setempat, Jumat (28/6/2019).

“Tak tahu lagi warga mau bicara dan mengadu pada siapa, pasalnya keluhan warga tak pernah diindahkan pengusaha dan pihak berwenang setempat seperti dinas terkait. Ada dua titik galian di desa ini, miliaran rupiah telah dihasilkan dari desa ini, namun debu yang mengakibatkan sesak pada napas warga yang didapat. Kita berharap pemerintah dan penegak hukum tidak tutup mata atas sutuasi ini, agar tak semangkin banyak warga yang menjadi korban ketidakpedulian pengusaha dan pemerintah,” kata YS .

Ketika kru koran ini mengkonfirmasi pengusaha galian C di lokasi  galian, hanya sejumlah pekerja pencatat truk yang mengangkat tanah yang berada di lokasi.

Para pekerja mengatakan, pemilik usaha bernama H Ogik, sedangkan titik lokasi galian yang lain milik oknum kepala desa setempat. (cr-01/ahu)