News

Taman Hewan Siantar Dibuka, Pengunjung Dibatasi: Ibu Hamil dan Bayi Belum Boleh Masuk

FaseBerita.ID – Menjelang New Normal, objek wisata Taman Hewan Pematang Siantar (THPS) kembali dibuka setelah sebelumnya tutup pada 19 Maret 2020 akibat wabah Covid-19.

“Kita sudah buka sejak 13 Juni lalu. Tapi untuk sementara ibu hamil dan bayi tidak diperkenankan masuk,” kata Manager THPS Sandha Octavia Perkasa kepada media ini, Senin (15/6) mellaui telepon selulernya.

Namun, lokasi hunian 700-an ekor satwa di lahan seluas 4,5 hektare itu dibuka dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat.

Pengunjung yang diperbolehkan masuk harus melewati bilik sanitasi, memakai masker, mencuci tangan, menjalani pemeriksaan suhu tubuh dan identitas didata.

Jumlah pengunjung juga dibatasi, hanya 50 persen dari daya tampung luas lahan. Sedangkan waktu kunjungan pukul 10.00 WIB hingga pukul17. 00 WIB.

“Beroperasinya THPS berdasarkan izin dari dinas terkait. Soal seperti apa masuknya, kita tetap mengikuti protokol kesehatan sesuai dari tim gugus tugas plus bayi dan ibu hamil dilarang masuk. Jam buka mundur jadi jam 10, tutup dipercepat jadi jam 5,” bebernya.

Sebelumnya, Dinas Kesehatan, Dinas Pariwisata, unsur pimpinan Kecamatan Siantar Barat dan perangkat Kelurahan Teladan melakukan peninjauan ke THPS untuk memastikan kesiapan perangkat fasilitas dan mekanisme pelayanan terhadap pengunjung.

Penerapan protokol kesehatan ditegaskan untuk dilaksanakan dalam upaya memutus mata rantai persebaran Covid-19. (des)