News

Syahrul Tinggalkan Kantor Bupati Tapsel Naik Helikopter

FaseBerita.ID – Syahrul M Pasaribu akan mengakhiri masa jabatannya sebagai Bupati Tapanuli Selatan dua periode (2010-2021) tepatnya, Rabu, 17 Februari 2021. Sebagai Pelaksana Harian (Plh) Bupati untuk menjalankan roda pemerintahan nantinya adalah Sekda Parulian Nasution, sesuai radiogram Gubernur Sumut No.131/1403/2021.

Apel Pelepasan Purna Bhakti Bupati/Wakil Bupati Tapsel Syahrul M Pasaribu-Aswin Efendi Siregar, seribuan aparatur sipil negara (ASN) tampak hadir dalam nuansa penuh haru bercampur sedih.

Tidak sedikit ASN dan mereka yang hadir menitikkan airmata sambil melambaikan tangan ketika Syahrul hendak beranjak menuju helikopter yang akan membawanya meninggalkan lokasi acara dari Lapangan Parade Kantor Bupati di Sipirok.

“Penjemputan dengan helikopter milik PT Agincourt Resources serangkaian pemantauan dari udara lokasi tanggap darurat/mitigasi bencana di sekitar PT AR bersama Syahrul di akhir masa jabatannya. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi kemungkinan adanya suasana forcemajeure atau keadaan yang di luar perkiraan di sekitar operasinal PT AR serta melihat kemungkinan terdapatnya tambang liar pada areal kontrak karya PT AR di Kecamatan Angkola Selatan yang dapat merusak lingkungan,” ungkap Kadis PUPR Chairul Rizal Lubis.

Pemantauan dengan heli, jelasnya, sebagai tindak lanjut persetujuan yang telah ditandatangani sebagai hasil pembahasan antara Pemkab Tapsel dan PT AR bersama Pemprov Sumut dan Pusat.

Syahrul dalam sambutannya juga banyak mereview dan menceritakan kembali perjalanannya selama memimpin Tapsel 10 tahun yang penuh dinamika dan romantika, yang akhirnya membawa berbagai keberhasilan di berbagai bidang seperti terbaik kedua kepatuhan LHKPN se-Indonesia saat ini.

Kemudian, capaian kinerja lumayan bagus, angka kemiskinan menurun yaitu 8,47 %, IPM meningkat menjadi 70,12 point (kategori tinggi), pengelolaan keuangan meraih 6 kali Opini WTP dari BPK RI yang insya Allah akan 7 kali berturut-turut serta 6 tahun berturut-turut mendapat Dana Insentif Daerah (DID) yaitu sejak tahun 2016 s/d 2021 dan capaian pembangunan lainnya.

“Oleh karena itu pertahankanlah prestasi-prestasi itu. Jaga kekompakan, jaga soliditas agar Tapsel yang saya tinggalkan ini lebih maju lagi ke depan. Tidak ada jabatan yang abadi, tapi yang abadi itu adalah perubahan. Tolong dipahami itu,” sebutnya.

Kepada seluruh ASN, para Camat dan Kades/Lurah dan seluruh yang hadir, Syahrul dalam kesempatan ini menyampaikan permohonan maaf jika selama memimpin ada kesalahan atau perbuatan yang kurang berkenan termasuk kepada seluruh masyarakat Tapsel.

Sambil menaiki tangga helikopter, Syahrul berujar dengan haru untuk ASN dan seluruh masyarakat Tapsel “Di dadaku ada kamu dan di dadamu ada aku” berkali kali.

Turut melepas Bupati Tapsel pada acara itu Syamsul Qamar anggota DPRD Sumut dan Husin Sogot Simatupang Ketua DPRD Tapsel. (ant/int)

iklan usi