News

Syahrul Apresiasi Semangat Penyandang Disabilitas

TAPSEL, FaseBerita.ID – Bupati Tapsel H Syahrul M Pasaribu mengapresiasi semangat hidup Sutan Siregar (40), penyandang disabilitas yang berdomisili di Desa Pargarutan Batu, Kecamatan Angkola Timur.

Apresiasi tersebut disampaikannya, melalui Kadis Sosial Daerah Nurdin Pane, saat menyalurkan bantuan peralatan pangkas dan kenderaan roda tiga, kepada Sutan, Selasa (7/5).

“Atas nama Pemkab Tapsel, Bupati sangat mengapresiasi semangat hidup dari Sutan Siregar. Keterbatasan yang dimiliki tak pernah membuatnya menyerah dalam mengarungi kehidupan,” sebut Nurdin.

Dikatakan, sekalipun menyandang disabilitas, Sutan Siregar selalu menggunakan keterampilan yang dimilikinya untuk menafkahi 4 anaknya.

“Karena itu, kita membantu dari segi penyediaan peralatan dan kenderaan sepeda motor yang terlebih dimodifikasi, agar bisa membantu Sutan dalam menjalankan aktivitas kerjanya untuk menghidupi dirinya dan anaknya,” ungkapnya.

Sutan Siregar sambung Nurdin, tak hanya bisa pangkas rambut. Tetapi juga mampu merajut jala dan menjahit sepatu.

“Setelah istrinya meninggal setahun lalu, Sutan harus menambah jam kerja untuk mencari rizki untuk anaknya. Dengan adanya sepeda motor, dia akan bisa ke pasar atau ketempat lain untuk bekerja. Dan peralatannya bisa dibawa di boks yang telah disediakan di sepeda motor,” terang Kadis.

Pada penyerahan sepeda motor dan seperangkat alat pangkas itu, Kadis didampingi beberapa staf dan jajaran Dinas Sosial Daerah Kabupaten Tapsel. Sedangkan, Sutan Siregar didamping ke empat buah hatinya yang saat ini menjadi piatu, sudah pasti menjadi tanggungannya sendiri. Apalagi keempatnya masih anak anak.

“Yang paling besar baru kelas 1 MTs, anak kedua kelas 3 SD, anak ketiga sekolah di PAUD dan paling bungsu baru 1,5 tahun,” ungkap Sutan saat berbincang dengan awak media ini.

Membuka pangkas kata Sutan, merupakan pekerjaan utamanya dalam menghidupi keluarga. Selama ini, almarhumah istrinya sangat mendukung ekonomi keluarga dengan membuka lopo kopi dirumah kontrakan mereka.

“Saya harus berusaha dan lebih semangat lagi demi anak anak ini. Dan sangat berterima kasih pada Bupati Tapsel atas perhatian dan bantuan ini,” ungkapnya. (ran)

USI