News

Surya Minta APDESI Bangun Desa dengan Inovasi

KISARAN, FaseBerita.ID – Plt Bupati Asahan H Surya mengharapkan Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (APDESI) yang ada di’ Bumi Rambate Rata Raya’ agar bekerja dengan penuh inovasi untuk membangun desa dan masyarakatnya.

“Kepengurusan APDESI merupakan kepengurusan yang me-nasional dan telah ada di seluruh Indonesia. Sistem kerja APDESI terukur, untuk itu kita bangun sinergitas  dan masing-masing desa melaksanakan program pembangunan berdasarkan potensi dan sumberdaya yang ada dengan masing masing inovasinya,” kata Surya usai menghadiri pelantikan APDESI, Kamis (2/5) siang.

Surya berharap, dengan adanya kepengurusan APDESI ini, diharapkan dapat memberikan pemahaman yang baik dan jujur kepada masyarakat dalam menyikapi berita palsu (hoaks) yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan kita.

“Kepada pengurus APDESI agar dalam bekerja selalu mengikuti ketentuan administrasi dan hukum yang berlaku. Hal ini harus dilakukan agar jangan sampai para kepala desa tersangkut kasus hukum yang tentu akan mengecewakan masyarakatnya, serta menghambat program pembangunan yang telah direncanakan,” pesannya.

Dengan bangkitnya pembangunan desa-desa di Asahan ini, ia mengaku optimis visi-misi Asahan yang religius, sehat cerdas dan mandiri, dapat segera diwujudkan dan tentu akan membangun kebanggaan sebagai masyarakat Asahan.

Plt Bupati Asahan mengimbau, pengurus APDESI agar memunculkan program kegiatan dalam membangun desa sebagai inovasi dan terobosan, terutama pemanfaatan aset-aset desa yang terlantar dan dimaksimalkan pemanfaatannya untuk kesejahteraan masyarakat.

“Selain itu, diimbau juga kepada kepala desa untuk membenahi pemanfaatan BUMDes agar lebih maksimal sehingga tepat sasaran,” sebutnya.

Sementara, Ketua APDESI Asahan Manten Aperi Simbolon mengemukakan, tujuan audiensi adalah silaturahmi dan mohon petunjuk serta saran dari bupati selaku orang tua para kepala desa se- Asahan, guna koordinasi program pedesaan dalam rangka mendukung suksesnya pembangunan di Asahan.

“APDESI ini menjadi langkah sinkronisasi program pembangunan mulai dari desa serta menangkal radikalisme, dan provokasi yang mungkin datang untuk memecah belah persatuan dan kesatuan di Asahan ini, serta menjalankan amanat UU Desa dengan sebaik-baiknya,” ujarnya. (per/ahu)

USI