News

Sungai Barumun Meluap: 80 Rumah dan Ribuan Ha Lahan Terendam

FaseBerita.ID – Ribuan hektare kebun sawit dan karet milik warga dan beberapa desa di wilayah Simangambat, Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) terendam banjir akibat hujan yang mengguyur kawasan tersebut.

Informasi dihimpun, Senin (27/4) desa yang terendam banjir berada di Sungai Barumun tepatnya di Desa Pagaran Tonga (Sungai Rodang dan Suro Dingin) di Kecamatan Simangambat. Selain itu banjir juga merendam jalan utama menuju Kecamatan Simangambat dengan ketinggian air mencapai satu meter.

Menurut keterangan salah satu warga bahwa ini merupakan banjir terbesar yang terjadi selama ini melanda wilayah Simangambat dan sekitarnya. Dilaporkan ribuan hektare kebun sawit dan karet milik warga juga terendam banjir, serta lahan persawahan yang terendam banjir di Huta Baru dan Langkimat.

Ketinggian air yang mengenangi lantai rumah sejumlah penduduk di daerah itu antara 50 cm hingga satu meter seperti yang terjadi di beberapa desa di Kecamatan Simangambat.

Camat Simangambat Umar Bakti Harahap melalui Kasi Kesos Tamtam Harahap saat dikonfirmasi mengatakan, puluhan rumah yang terdampak banjir dengan kedalaman hingga kurang lebih satu lutut orang dewasa.

“Ada ribuan hektare karet dan sawit terendam banjir. Saat ini sekitar 80 rumah warga juga sudah dimasuki air,” kata Tamtam, Senin (27/4).

Tamtam menambahkan posisi desa di wilayah Simangamat tersebut memang berada dekat Sungai Barumun sehingga selalu menjadi langganan banjir dan setiap kali banjir tidak pernah sebentar berlangsung beberapa hari dan pihaknya bersama aparat terkait telah turun ke lokasi untuk siap siaga dan melakukan patroli. (ais)

USI