News

Sumut Terima 3.600 Rapid Test

FaseBerita.ID – Menghadapi wabah ini, menurut dr Aris Yudhariansyah, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 akan segera melakukan rapid test atau alat cek massal Covid-19 di Sumut, terutama kepada para pasien ODP (Orang Dalam Pemantauan).

“Saat ini kita sudah menerima 3.600 pack alat cek cepat atau rapid test untuk mendiagnosa Covid-19. Kita juga sudah menerima virus transport media (VTM) 1.000 pack. Kemudian kita saat ini kita juga sudah terima 350 set APD yang akan kita distribusikan ke rumah sakit-rumah sakit penanganan Covid-19,” kata Aris.

Pemerintah pusat, telah memberi kategori kepada siapa pemeriksaan Covid-19 prioritas dilakukan. Yakni mereka yang melakukan kontak dekat terhadap pasien yang terkonfirmasi positif corona sesuai hasil laboratorium. “Jadi orang-orang inilah yang nantinya kita periksa semua,” kata Sekretaris Dinas Kesehatan Sumut itu.

Kemudian, lanjut Aris, prioritas kedua yang akan dilakukan pemeriksaan, adalah terhadap tenaga medis yang menangani pasien terkait Covid-19. Yakni orang yang bertugas di front office rumah sakit.

“Kita berharap dapat melakukan pemeriksaan terhadap seluruh tenaga kesehatan, dan memberikan yang terbaik untuk semua tenaga medis termasuk yang berada di front office,” sebutnya. (smg)

USI