News

Sukses Laksanakan Sertifikasi Kompetensi

Kerjasama LDP2Pro & LSP PARAS –BNSP, STAMI dan PBI

FaseBerita.ID – Lembaga Diklat Pengkajian dan Pengembangan Profesi (LDP2PRO) sebagai Perwakilan Lembaga Sertifikasi PARAS yang terlisensi Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) bekerjasama dengan Sekolah Tinggi Akuntansi dan Manajemen Indonesia (STAMI) & Politeknik Bisnis Indonesia (PBI) sukses melaksanakan Sertifikasi Kompetensi Pelayanan Prima (Service Excellent) di Kampus Murni Sadar jalan Sriwijaya atas No 9 C-E Pematangsiantar, Sabtu (15/6/2019).

Salah satu keunggulan bangsa Indonesia dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) adalah Sumber Daya Manusia (SDM) yang cukup besar, sehingga perlu diimbangi dengan peningkatan kualitas/mutu SDM untuk meningkatkan daya saing.

LDP2Pro & LSP terlisensi BNSP bekersama dengan STAMI & PBI mengadakan Sertifikasi Kompetensi di Pematangsiantar untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat Pematangsiantar – Simalungun meningkatkan dan mengembangkan profesi mereka masing-masing sesuai dengan peraturan Pemerintah Nomor 10 Tahun 2018 tentang tenaga kerja profesional yang memiliki keterampilan, keahlian dan kompetensi berdaya saing global.

Sertifikasi kompetensi kerja merupakan suatu pengakuan terhadap tenaga kerja yang telah dipersyaratkan, dengan demikian sertifikasi kompetensi memastikan bahwa tenaga kerja (pemegang sertifikat) tersebut terjamin akan kredibilitasnya dalam melakukan suatu pekerjaaan yang menjadi tugas dan tanggung jawabnya.

Tim Asesor BNSP mewakili dari pusat yang telah berkompeten yakni Dr Calen (Ketua STAMI), Henri Dunan Pardede (Kaprodi PBI), Bunga Aditi dan Pitono memaparkan terlebih dahulu manfaat kepemilikan Sertifikasi Kompetensi bagi Pencari Kerja, Karyawan, Dosen, dan Bagi Perusahaan/Tempat Kerja.

Ratusan peserta yang terdiri dari berbagai kalangan seperti mahasiswa, dosen, karyawan, perawat, dokter baik dari Kota Pematangsiantar maupun dari luar kota berbondong-bondong mengikuti Sertifikasi Kompetensi yang pertama kali diselenggarakan di Pematangsiantar. Setiap peserta yang lulus uji Kompetensi Service Excellent akan mendapatkan sertifikat dari BNSP Pusat yang dapat digunakan untuk meningkatkan dan mengembangkan karir baik di dalam negeri ataupun di Luar Negeri (ASEAN).

“Sangat senang kali bang Sertifikasi Kompetensi ini bisa diadakan di Pematangsiantar lebih hemat ongkos dan waktu, biasanya kan bang Sertifkasi Kompetensi selalu di Medan” tutur Roy, Dosen yang mengikuti Sertifikasi Kompetensi.

“Tidak menyangka banyak juga yang mengikuti Sertifikasi Kompetensi di Pematangsiantar ini, berbagai profesi seperti dosen, guru, perawat, mahasiswa bahkan ada juga seorang dokter dari Medan datang untuk mengikuti sertifikasi kompetensi ini” jelas dari salah satu Asesor, Henri Dunan Pardede. (rel)