News

Suami Istri Positif Terpapar Covid-19, Kesehatan Wanita Pedagang Pecal Makin Membaik

FaseBerita.ID – Juru bicara (Jubir) Tim Gugus Penanggulangan Covid-19 Pemko Siantar Daniel Siregar menegaskan, hingga Senin (4/5) jumlah pasien positif terpapar Covid-19 di Kota Pematangsiantar sebanyak tiga orang.

Selain seorang wanita pedagang pecal keliling, ada sepasang suami istri yang tinggal di Jalan Palangkaraya, Kelurahan Pahlawan, Kota Pematangsiantar.

Hal ini disampaikan Daniel melalui live strimingnya, Senin (4/5/2020) sekira pukul 20.00 WIB. Suami istri yang dinyatakan positif tersebut selama ini tinggal di Kandang Besar, Kecamatan Siantar Timur.

Hanya saja, kata Daniel, kondisi salahsatu pasien (pedagang pecal) yang positif sudah semakin membaik. Hal itu diketahui setelah Tim Gugus berkomunikasi dengan pasien tersebut.

“Kita sudah berkomunikasi langsung dengan ibu itu. Jadi tidak benar kalau ibu itu meninggal dunia. Itu hoax. Kami tegaskan bahwa ibu itu (penjual pecal) hingga sekarang masih dirawat di RSU Adam Malik Medan, dan kondisinya sudah semakin membaik,” tegas Daniel menyangkal dengan adanya isu yang menyebutkan kalau wanita tersebut sudah meninggal dunia.

Dari 148 Rapid Tes, 1 Reaktif Covid-19

Pasca dilakukan rapid tes di Gang Demak, Singosari, satu orang dinyatakan reaktif Covid-19.

“Kita sudah melakukan Rapid tes terhadap 148 orang warga di Gang Demak. Hasilnya ada satu orang berjenis kelamin pria reaktif Covid-19. Sekarang kita sudah karantina di Rumah sakit Djasamen Saragih,” ujarnya.

Daniel mengimbau bagi masyarakat di luar Gang Demak, terutama yang pernah kontak erat dengan pasien positif asal daerah itu, diharapkan segera melapor dan menyampaikan informasi yang sejujurnya kepada pihak gugus tugas, pihak kecamatan, maupun pihak kelurahan.

24 Warga Palangkaraya Rapid Tes

Rapid Tes juga dilakukan terhadap warga yang tinggal satu lingkungan dengan sepasang suami istri di Jalan Palangkaraya, Kelurahan Pahlawan, Pematangsiantar.

Menurut Daniel, begitu hasil swab pasangan suami istri itu dinyatakan positif terpapar Covid-19, pihaknya langsung melakukan rapid tes terhadap warga sekitar.

“Ada 24 orang yang kita periksa melalui rapid tes. Hasilnya semuanya non reaktif alias negatif,” ujarnya.

Daniel juga bersyukur karena hasil rapid tes di Jalan Palangkaraya semuanya non reaktif. Begitupun, pihaknya tetap melakukan pengawasan di daerah itu.

“Kita tetap melakukan pemantauan kepada masyarakat Palangkaraya. Tetap memberikan imbauan kepada masyarakat setempat agar tetap menjalankan anjuran pemerintah demi memutus rantai penyebaran Covid-19,” ujarnya. (Mag 04)