News

Stop Bakar Hutan dan Lahan

PALUTA, FaseBerita.ID – Koramil 06 Dolok bersama Polsek Dolok melaksanakan kegiatan Komunikasi Sosial (KOMSOS) kepada sejumlah para kepala desa dan masyarakat tentang pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla).

Sebab memasuki musim kemarau saat ini upaya pencegahan Karhutla di wilayah binaannya perlu digalakkan.

Kegiatan yang dilakukan oleh Koramil 06 Dolok bersama Polsek Dolok ini adalah melakukan pembinaan kepada kepala desa dan masyarakat desa, yang mana saat telah tiba musim kemarau pasti rawan kebakaran, salah satu upaya untuk mencegah kebakaran dengan mamasang spanduk stop membakar hutan dan lahan.

Komandan Koramil 06 Dolok Kapten (INF) Tenggar Harahap menyampaikan, saat ini pihaknya gencar memberikan pendampingan kepada masyarakat tentang bagaimana mengelola hutan dan lahan pada saat musim kemarau, serta memberikan pemahaman kesiapsiagaan dalam menghadapi kebakaran hutan dan lahan serta memasang spanduk imbauan dilarang membakar lahan sembarangan.

“Tujuan komunikasi sosial ini adalah untuk mengantisipasi dan mencegah terjadinya karhutla khususnya di Kecamatan Dolok dan Dolok Sigompulon,” ujarnya, Rabu (7/8/2019).

Ia menambahkan, pemasangan spanduk imbauan pencegahan karhutla ini adalah upaya pencegahan dini, terhadap kebakaran hutan dan lahan dengan memberi peringatan kepada masyarakat yang berada di daerah-daerah yang rawan terjadinya kebakaran.

“Dengan berjalannya pendampingan kepada masyarakat di wilayah rawan kebakaran, pemasangan spanduk imbauan ini akan mengurangi dan menghentikan terjadinya kebakaran hutan dan lahan yang terjadi khususnya di wilayah Koramil 06/Dolok Kodim 0212/TS sehingga tercipta keamanan dan kenyamanan bagi masyarakat setempat,” harapnya. (ais)