News

Sstt… Ada Kayu Diduga Ilegal di Tangkahan Mamak Gadang, Tapteng

FaseBerita.ID – Sejumlah kayu yang diduga tidak punya dokumen resmi ditemukan di tangkahan Mamak Gadang di Jalan Gatot Subroto, Kelurahan Pondok Batu, Kecamatan Sarudik, Tapanuli Tengah (Tapteng), Sumatera Utara, Sabtu (12/12) lalu.

Dari pantauan Wartawan, kayu tersebut ditumpuk di beberapa tempat. Sebagian besar ditaruh di atas kapal yang hendak direhab.

Sementara sebagian lagi, ditumpuk di atas steiger, juga untuk kebutuhan perbaikan kapal yang sedang dalam pengerjaan.

Ada juga ditemukan setumpuk lagi dengan jumlah yang cukup banyak, terbungkus terpal plastik, yang ditaruh persis di pintu masuk steiger.

Menurut beberapa pekerja kapal yang ditemui dan dikonfirmasi, menyebut kalau pemilik kapal yang lagi perbaikan tersebut bernama Ko An. “Kami dari Jakarta, kami hanya pekerja di sini. Yang punya kapal Ko An namanya,” sebut dua pekerja dengan logat Jakarta.

Namun, saat wartawan mencoba mengkonfirmasi Ko An, pria berkulit putih tersebut membantah sebagai pemilik kapal dan pemilik kayu. Katanya, dia hanya disuruh mengawasi kapal oleh seseorang berinisial M warga Jakarta.

“Semua bilang, Ko An. Ditanya kapal siapa, bilangnya Ko An. Padahal, bukan kapal saya. Saya hanya disuruh menjaga. Yang punya M, orang Jakarta,” kata Ko An saat ditemui di salah satu sudut steiger tangkahan Mamak Gadang.

Termasuk katanya, kayu-kayu tersebut, dia mengaku tidak tahu asal-usulnya. “Saya juga gak tahu. Yang mesan kayu bukan saya. M semua yang mesan,” akunya. (ts/fabe)