News

Sosialisasi Dana DAK Tingkat SD: Kualitas Pendidikan Harus Ditingkatkan

SIDIMPUAN, FaseBerita.ID – Jajaran Pemerintah Kota Padangsidimpuan melalui Dinas Pendidikan melaksanakan Sosialisasi Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun Anggaran 2019 tingkat SD, di Aula Akbid Matorkis, Senin (15/7/2019).

Kadis Pendidikan H Muhammad Luthfi Siregar melalui Kabid Pendidikan Dasar Erwinsyah Nasution dalam laporannya menyampaikan tujuan sosialisasi ini untuk menyampaikan atau mensosialisasikan Peraturan Presiden RI nomor 141 Tahun 2018 tentang petunjuk teknis DAK fisik Tahun Anggaran 2019, serta melalukan koordinasi dan konsultasi dalam persiapan pelaksanaan program DAK Bidang Pendidikan Dasar.

“Sasaran kegiatan sosialisasi ini adalah sekolah penerima DAK di lingkungan Pemko Padangsidimpuan,” katanya.
Acara sosialisasi diikuti oleh Kepala Sekolah, Bendahara dan komite sekolah, tenaga pendidik untuk perencanaan pembangunan sekolah dari Dana Alokasi Khusus Bidang Pendidikan Tahun 2019.

Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution SH saat membuka acara sosialisasi menyebutkan, sosialisasi ini sebagai upaya untuk memastikan kegiatan tersebut berjalan sesuai peruntukan yang ada.

“Tentu harapan kita dengan sosialisasi ini memberikan pemahaman kepada peserta untuk mengelolah dana ini tepat guna, tepat sasaran, dan mempedomani ketentuan administrasi yang ada,” sebut Irsan.

“DAK ini bukan hanya untuk meningkatkan sarana dan prasarana, tetapi bagaimana agar bisa juga modal bagi kita meningkatkan kualitas pendidikan. Seluruh pemangku pendidikan mempunyai komitmen dan tekad bersama dalam perbaikan, sehingga kita dapat meningkatkan kualitas SDM yang mampu berkompetisi di era globalisasi ini,” jelasnya.

Kasi Intel Kejari Padangsidimpuan Soleh SH yang juga sebagai narasumber dalam acara sosialisasi tersebut menyampaikan harapannya setelah selesai acara agar Dana Alokasi Khusus di Dinas Pendidikan Kota Padangsidimpuan ini akan terlihat mutunya, tepat perencanaannya, tepat waktu, tepat sasaran, dan berhasil.

Atlet Pencak Silat Raih Prestasi

Usai acara pembukaan, Walikota juga memberikan reward berupa piagam dan uang pembinaan atas prestasi atlet kebanggaan Kota Padangsidimpuan yang telah sukses pada event Pekan Olahraga Sumatera Utara yang berlangsung dari tanggal 22 sampai dengan 29 Juni 2019.

Atlet Padangsidimpuan berhasil meraih 1 medali emas pada Cabang Olahraga pencak silat, 5 medali perak dan 6 medali perunggu.

“Pemberian Reward ini merupakan ikhtiar kita untuk memberikan perasaan kepada Atlet kita bahwa perjuangan mereka dihargai, dan lebih meningkatkan prestasinya di masa-masa mendatang,” ucapnya.

Turut hadir dalam acara tersebut Walikota, Mewakili Kejari, Kadis Pendidikan H Muhammad Luthfi Siregar Kabag Organisasi sekaligus Ketua Dewan Pendidikan M Jusar Nasution, Kadis Kominfo Padangsidimpuan Islahuddin Nasution SSos, Ketua KONI Padangsidimpuan. (bsl)