News

Sinaksak Dilanda Banjir: PT HK dan Bridgestone Diminta Bertanggungjawab

FaseBerita.ID – Pihak PT Hutama Karya dan PT Kebun Bridgestone diminta bertanggungjawab atas banjir yang menimpa warga Kelurahan Sinaksak dan Nagori Purba Sari, Kecamatan Tapian Dolok.

Selain mendesak agar segera melakukan tindakan penanggulangan dan pencegahan banjir susulan, pihak perusahaan diminta memberikan kompensasi atas kerugian warga.

Dalam rapat yang digelar di Kantor Camat Tapian Dolok, Jumat (4/12) akhirnya dua perusahaan besar ini menyepakati membuat galian parit dari titik  Jalan Tol Simpang Bahapal menuju sungai Sigagak, dari lokasi terowongan jalan  Tol Dolok Maraja Nagori Dolok Ulu Kecamatan Tapian Dolok ke sungai Dolok Ulu dan membuat gorong-gorong di lingkungan III dari bawah rel kereta api.

Dalam pertemuan ini hadir anggota DPRD Komisi II Kabupaten Simalungun, pihak PT Hutama Marga Waskita diwakili Imam Joni, Isak Siregar dari konsultan dari jalan tol.

Anggota DPRD Tumpak Silitonga meminta pihak kontraktor Tol bertanggungjawab dan segera melakukan penanggulangan.

Dalam kesempatan itu, Abdi Damanik salah satu korban bencana yg bertempat tinggal di Perumahan Beringin Indah meminta disebabkan derasnya aliran air. maka masyarakat Beringin Indah meminta pihak Tol PT. Hutama Karya dan Bridegestone harus mengadakan normalisasi terhadap saluran air.

PT Bridegestone pernah berjanji akan memperbaiki tembok pembatas perumahan, namun sampai sekarang tidak terealisasi.

Sementara Jamerson Saragih, anggota DPRD Simalungum mengtakan, sumber air berasal dari lokasi bangunan Jalan  Tol menuju gorong2 kebun PT Bridegestone yang keluar di perumahan Beringin Indah dan di Simpang Sinaksak dan Nagori Purba Sari.

Sakban Saragih Camat Tapian Dolok berharap pihak perusahaan bersama-sama pemerintah dan masyarakat bekerjasama untuk mencegah banjir terjadi lagi. Pihaknya saat ini sudah mendata kerusakan akibat banjir. (esa/fabe)

USI