News

Sidang Isbat Awal Puasa Ramadan Dilakukan via Konferensi Video

FaseBerita.ID – Sidang isbat penetapan awal Ramadan 1441 H akan berlangsung berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Kementerian Agama (Kemenag) merencanakan sidang secara online atau streaming. Biasanya sidang digelar dalam rapat tertutup dan melibatkan perwakilan ormas Islam.

Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin menjelaskan, Kemenag memutuskan menggelar sidang isbat pada 23 April secara online. Keputusan itu sesuai dengan protokol pencegahan persebaran Covid-19. ”Sidang isbat awal Ramadan akan kita gelar dengan kehadiran peserta yang terbatas. Selebihnya secara video conference,” katanya kemarin (5/4).

Mantan Dirjen Pendidikan Islam (Pendis) Kemenag itu menyatakan, peserta yang tetap dihadirkan secara terbatas mewakili beberapa lembaga. Di antaranya dari unsur Majelis Ulama Indonesia (MUI), DPR, serta Badan Hisab dan Rukyat (BHR) Kemenag. Selain itu, pejabat internal Kemenag yang diundang hanya eselon I dan II dari Ditjen Bimas Islam.

Prosesi atau rangkaian sidang isbat tetap sama dengan biasanya. Diawali paparan posisi hilal awal Ramadan 1441 H oleh Cecep Nurwendaya dari BHR Kemenag. Kemudian, setelah magrib, digelar sidang isbat online secara tertutup. Hasil sidang akan disampaikan secara terbuka oleh Menag Fachrul Razi.

Pelaksanaan sidang isbat selalu menyedot perhatian masyarakat. Termasuk dari media massa. Kamaruddin sedang mengkaji kemungkinan dilakukannya konferensi video (video conference) dengan media secara online dari kantor masing-masing. Dengan begitu, awak media tidak perlu datang dan berkerumun di kantor Kemenag.

Pemerintah menggunakan forum sidang isbat untuk menetapkan awal puasa, Lebaran, dan Idul Adha. Meski begitu, ormas Muhammadiyah sudah menetapkan awal puasa tahun ini jatuh pada Jumat, 24 April.

Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Thomas Djamaluddin mengatakan bahwa tahun ini tidak ada perbedaan awal Ramadan. Hampir bisa dipastikan, hasil sidang isbat nanti memutuskan bulan puasa dimulai 24 April. (jp)

USI