News

Sesak Nafas, Terjatuh lalu Meninggal: Disangka Kena Covid-19, Warga Tak Berani Tolong Pedagang Sayur

FaseBerita.ID – Rislon Pasaribu (57) warga Dusun Aek Lobu, Desa Mela I, Kecamatan Tapian Nauli, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) meninggal dunia di pasar Onan Sukamaju, Kecamatan Pasaribu Tobing, Rabu (22/4) siang. Ironisnya, pengunjung pasar tak berani mendekat karena takut dan menduga pria pedagang sayur ini terpapar Covid-19.

Kejadian ini diketahui dari video viral di media sosial yang direkam pengguna Facebook, Lestari Situmeang. Di video yang diunggah secara live itu tampak seorang laki-laki mengenakan kaos dalam putih, bercelana pendek terkapar di depan kios.

Sejumlah orang yang berada di pasar itu tidak ada yang menolong karena takut virus corona. Mereka menunggu petugas datang untuk memberikan pertolongan. “Menjauh semua orang,” kata seseorang wanita di awal video yang diduga merupakan suara perekam video ini.

Di dalam video yang direkam secara live ini juga terlihat, beberapa petugas mengenakan APD datang menyemprot korban dengan cairan desinfektan. Menurut beberapa warga yang berada di lokasi, sebelum meninggal korban mengalami sesak napas, tiba-tiba dia terjatuh dan terkapar.

Korban tergeletak dalam waktu cukup lama hingga akhirnya petugas datang. Tampak dua orang mengenakan APD mengevakuasi korban. Terlihat juga juga beberapa personel polisi ikut membantu proses evakuasi.

Kapolres Tapteng AKBP Sukamat yang dikonfirmasi melalui telepon seluler membenarkan kejadian tersebut. Sukamat menyebutkan korban meninggal dunia karena sakit.

Hal ini diperkuat dengan ditemukannya obat di dalam saku korban. Anak korban juga mengakui bahwa orangtuanya sedang menderita sakit.

“Meninggal karena sakit. Akan dimakamkan secara biasa,” jelas Sukamat. (ztm/int)

USI