News

Sepekan Listik di Blok A Rusunawa Pandan Padam

TAPTENG, FaseBerita.ID – Sepekan listrik di Blok A Rusunawa Pandan, Kelurahan Pasar Baru, Kecamatan Pandan, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) mengalami pemadaman. Para warga (penghuni rusunawa) mengeluh.

Padamnya listrik selama sepekan di Rusunawa Pandan tersebut, menurut penghuni Blok A Rusunawa Pandan diakibatkan rusaknya salah satu alat pada trafo yang berada disekitar Rusunawa.

“Minggu lalu ada katanya meledak trafo itu. Mulai dari kejadian itulah listrik nggak mengalir ke blok A,” ujar Ogek salah seorang penghuni Rusunawa, saat ditemui di Blok A Rusunawa Pandan, Minggu (30/6/2019) malam.

Sejak rusaknya sistim pengaliran listrik di Rusunawa itu, lanjut Ogek, sekitar 90 kamar di Blok A itu tidak dialiri listrik lagi, sehingga mereka terpaksa memakai lilin dan lampu teplok untuk penerangan di Rusunawa itu.

“Kalau malam, ginilah disini, gelap kali, kayak rumah hantulah ini. Ada memang beberapa warga yang pakai lampu listrik yang mampu beli kabel mereka menarik arus dari Blok B, kayak kita gak bisa beli kabel ya pakai lilinlah, ada juga pakai lampu teplok. Pokoknya susah kalilah kami di sini sejak nggak hidup lampu ini,” keluh Ogek.

Hal senada juga dikatakan Julianti Simatupang, padamnya listrik selama sepekan di Rusunawa itu dikeluhkannya. Pasalnya, sejak padamnya listrik itu ia dan beberapa warga lainnya tidak dapat melakukan aktifitas seperti biasanya untuk memasak.

“Yang paling repot itu yang masak pakai magicom, terpaksalah pakai kukusan masak di kompor. Ya cepatlah gas kita habis jadinya. Mau cas Handphone ajapun numpang-numpanglah keluar,” katanya.

Disinggung apakah permasalahan padamnya listrik itu telah pernah disampaikan kepada pihak terkait, Julianti mengatakan, sebelumnya mereka telah pernah menyampaikan ke pihak Dinas Perkim (Perumahan dan Pemukiman) Tapteng untuk segera ditindaklanjuti. Namun hingga saat ini, kata Julianti, upaya perbaikan akan kerusakan itu tidak kunjung dilakukan oleh pihak pengelola.

“Sudah kami sampaikan ke pihak pengelola Rusunawa, ada alatnya yang rusak dibilang dan itu mahal, nggak tau entah alat apa yang rusak, itupun harus di anggarkan dulu biaya pembelian alatnya katanya,” ucapnya.

Atas kondisi gelap gulita setiap malam yang mereka rasakan sepekan terakhir, Julianti dan beberapa warga lainnya berharap kiranya pihak pengelola dapat secepatnya merespon keluhan mereka tersebut.

“Ya harapannya, cepatlah diperbaiki, susah kali kami di sini, itulah harapan kami,”harapnya.

Terpisah, KUPT Rusunawa Pandan Fiktor Lumbantobing saat dikonfirmasi terkait padamnya listrik di Blok A Rusunawa Pandan itu, Fiktor membenarkan bahwa padamnya listrik telah sepekan dan itu dikarenakan Breaker di Panel utama Rusunawa rusak.

“Ia, itu awal mulanya waktu itu ada pemadaman bergilir waktu itu, jadi pas hidup lagi (listrik,red) di Rusunawa, sesudah hidup, tidak lama disitulah tes (meledak,red), sejak itulah padamnya, itu Breaker harus diganti,” ucap Fiktor saat dikonfirmasi melalui sambungan selulernya, Senin (1/7/2019).

“Dan itu sudah kita sampaikan ke Bendahara kita si Lutfi dikantor Dinas (Perkim,red) bagian perbelanjaan, dan itu sudah dipesan alatnya ke Medan, cuma katanya belum datang, tapi tolonglah konfirmasi sama Bendahara kita si Lutfi, karena alatnya nggak ada di Sibolga-Tapteng ini, “tambahnya.

Disinggung perkiraan kapan hidupnya listrik di Rusunawa itu, ia belum dapat memastikannya.

“Sudah kutanya terus Bendahara belum datang barangnya katanya, kalau datang barangnya langsung pasang,” katanya.

Sementara, Bendahara Perkim Tapteng Lutfi saat dikonfirmasi terkait hal itu melalui sambungan telepon selulernya, mengatakan bahwa Breaker di Panel Rusunawa itu telah dikerjakan pihak PLN pada Minggu (30/6/2019) malam.

“Sudah dikerjakan PLN itu semalam, sudah diganti semalam. Sudah selesai itu, sudah aman itu,” katanya. (dh)

USI