News

Senin Besok, Presiden Jokowi Tinjau Danau Toba

FaseBerita.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan meninjau beberapa titik pelaksanaan pekerjaan pembangunan bersumber dari APBN di Kabupaten Samosir, sejak Senin (29/7/2019) hingga Rabu (31/7/2019).

Kunjungan ini merupakan bagian dari empat destinasi wisata super prioritas yang ditinjau Presiden yaitu Danau Toba, Mandalika, Labuan Bajo, dan Borobudur.

Dijadwalkan, Presiden akan tiba di Kabupaten Samosir, Senin (29/7/2019) malam sekira pukul 19.30 WIB. Selanjutnya akan menginap di kawasan Tuktuk, Kecamatan Simanindo.

“Tapi, rencana kunjungan kerja Presiden ke Danau Toba itu, kami sedang menunggu konfirmasi finalnya,” kata Guntur Sakti, Kepala Biro Komunikasi Publik di Kementerian Pariwisata RI, kemarin.

Kata Guntur Sakti, kali ini Presiden Joko Widodo ingin memastikan keempat destinasi ini harus menjadi destinasi kelas dunia. Akselerasi pembangununannya harus selesai tahun 2020 dengan keterlibatan pemerintah pusat, pemerintah daerah, swasta dan masyarakat.

Bupati Samosir, Rapidin Simbolon melalui Whatsapp (WA) kepada media mengungkapkan, ia baru saja mengikuti undangan rapat koordinasi persiapan kunjungan kerja Presiden RI Joko Widodo ke Danau Toba pada 29-31 Juli 2019 nanti bersama Kepala Sekretariat Presiden, Jumat (26/7/2019).

Rapat itu dipimpin Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono dan dihadiri Bupati Samosir, Bupati Taput, Bupati Humbahas dan perwakilan Pemkab Tobasa beserta stakeholder lainnya yakni Kemenko Maritim, Perhubungan, PUPR, Kementerian Pariwisata dan TNI-POLRI.

“Rencana Pak Presiden akan bermalam di Samosir, serta mengunjungi beberapa destinasi wisata yang akan dikembangkan di Kabupaten Samosir. Serta melihat perkembangan pembangunan beberapa proyek nasional yang ada di Samosir. Semoga Samosir semakin maju… We Love Danau Toba, We Love Samosir,” demikian tulis Rapidin dalam pesan Whatsapp-nya dari Jakarta.

Selain ke Samosir, Presiden Jokowi juga akan menyinggahi Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas). Hal itu dikatakan Sekdakab Humbahas Tonny Sihombing, Jumat (26/7/2019).

Menurut Tonny, rombongan Presiden dengan beberapa Menteri Kabinet Indonesia Kerja, Direktur BODT akan berkunjung ke objek wisata panorama alam di Sipinsur, Kecamatan Paranginan, Humbahas.

“Masih menunggu jadwal resmi dari pihak protokoler ke Presidenan, agar terkonfirmasi dengan jelas,” sebutnya.

Sembari menunggu jadwal protokoler kunjungan resmi, pihaknya telah melakukan beberapa persiapan di beberapa titik lokasi untuk menyesuaikan rundown kunjungan presiden yang resmi.

Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan didampingi Pj Sekda Parsaoran Hutagalung, Asisten I Satya D Nababan dan beberapa pimpinan OPD pada kesempatan itu berharap agar presiden berkenan meninjau beberapa lokasi di Tapanuli Utara.

“Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara bersama seluruh jajaran siap berkoordinasi dengan semua pihak demi kelancaran kunker presiden. Semoga Presiden RI nantinya berkenan meninjau beberapa titik yang diajukan, karena kita berharap perhatian beliau untuk pembangunan Tapanuli Utara,” kata Nikson Nababan. (bbs/adz/sp/as)