News

Seleksi Sekolah Kedinasan Dibuka Juni 2020

FaseBerita.ID – Pemerintah memastikan bahwa seleksi sekolah kedinasan tetap diselenggarakan tahun ini. Hanya, lantaran pandemi Covid-19, jadwalnya mundur. Dari seharusnya April dijadwal ulang pada 8–23 Juni.

Kepala Biro Humas, Hukum, dan Kerja Sama Badan Kepegawaian Negara (BKN) Paryono menuturkan, panitia seleksi nasional (panselnas) sudah menjadwal ulang rencana pembukaan seleksi sekolah kedinasan tahun 2020 yang sebelumnya ditunda. Prosesnya dimulai awal Juni. Mulai pengumuman seleksi 1 Juni, pendaftaran online 8–23 Juni, hingga seleksi kompetensi dasar (SKD) pada Juli. ’’Pendaftaran nanti lewat portal SSCASN-BKN,’’ ujarnya, Sabtu (9/5).

Rencana pembukaan pendaftaran dan seleksi dikdin 2020, lanjut dia, telah disampaikan kepada kementerian/lembaga pengelola sekolah kedinasan melalui Surat Edaran Menteri PAN-RB Nomor B/435/M.SM.01.00/2020.

Sejumlah kementerian/lembaga yang membuka pendaftaran dikdin 2020 adalah Kementerian Dalam Negeri; Kementerian Perhubungan; Kementerian Hukum dan HAM; Badan Pusat Statistik (BPS); Badan Intelijen Negara (BIN); Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG); serta Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

Sementara itu, Kementerian Keuangan yang mengelola PKT STAN tidak membuka pendaftaran dikdin tahun 2020.

Meski begitu, jadwal SKD masih bisa berubah. Sebab, akan disesuaikan dengan kebijakan pemerintah tentang status keadaan tertentu darurat bencana wabah penyakit akibat Covid-19 di Indonesia. (jpc/int)