News

Selang Tabung Gas Bocor, Kedai Nasi Nyaris Terbakar

SIBOLGA, FaseBerita.ID – Satu unit kedai nasi milik Efriani yang berada di Jalan Hijra, Kelurahan Pasar Belakang, Sibolga Kota, nyaris terbakar, Rabu (15/1) sekira pukul 10.30 WIB.

Informasi dihimpun dari lokasi kejadian, bangunan semi permanen kedai nasi tersebut nyaris terbakar akibat adanya kebocoran selang tabung gas.

Hal itu dibenarkan Efriani yang ditemui di lokasi kejadian. “Saya tidak mengetahui kenapa bisa terjadi kebocoran di selang tabung gas. Tiba-tiba api muncul dari salah satu selang tabung gas dan langsung menyambar bagian dinding dapur. Kami sempat panik,” katanya.

Sebagai langkah awal untuk menghindari meledaknya tabung gas tersebut, katanya, mereka mengambil kain yang sudah dibasahi dan langsung ditempelkan ke tabung gas.

Namun begitu, kain basah yang menempel di tabung gas itu tidak berpengaruh sama sekali, sehingga api menyambar tabung gas yang berada di sampingnya dan mengakibatkan api menyambar dinding dapur.

Melihat api mulai merambat, kami langsung memanggil petugas Damkar. “Saya sempat panik dan mau pingsan. Untung dibantu warga sekitar dan petugas pemadam kebakaran langsung bertindak setelah 15 menit kami kabari,” jelasnya.

Adhy Siallagan, Kepala Bidang Kebakaran Kota Sibolga saat berada di lokasi kejadian membenarkan kejadian tersebut disebabkan kebocoran dari tabung gas yang terjadi sekira jam 10.30 WIB. “Informasi yang kita dapat melalui call center tadi, bahwa ada kebakaran di sini, dan penyebab kebakarannya adalah kebocoran dari tabung gas. Beruntung tidak ada korban jiwa,” ujar Adhy Siallagan.

Disebutkan, mendapat informasi itu, tim Damkar Kota Sibolga langsung bergerak menuju lokasi dengan menurunkan lima unit mobil pemadam kebakaran. Adhy juga mengimbau kepada masyarakat Sibolga untuk tidak panic saat terjadi kebakaran.

Apa lagi ketika terjadi kebocoran gas, terlebih dahulu segera buka regulator dan bawa tabung gasnya ke tempat terbuka agar tidak terjadi ledakan. Sehingga hal itu tidak akan menimbulkan keracunan makanan. (tam)