News

Selamat Jalan Ipda Anumerta Tunggul Simbolon

Gugur Usai Mengantar Kotak Suara Pemilu 2019

FaseBerita.ID – Letusan senjata dari para anggota penembak salvo Polres Simalungun dan isak tangisan dari keluarga Ipda (Anumerta) Tunggul Simbolon membaur jadi satu, mengiringi pemberangkatan jenazah dari Jambur Tiga Balata, Kelurahan Tiga Balata, Kecamatan Jorlang Hataran, Rabu (1/5) sekira Pukul 15.40 WIB.

Almarhum Ipda (Anumerta) Tunggul Simbolon merupakan personel Polisi di Polres Simalungun yang menjabat sebagai Kanit Provos Polsek Bosar Maligas Polres Simalungun Polda Sumatera Utara. Almarhum meninggal dunia di TKP akibat laka lantas di Jalan Pematangsiantar-Parapat Km 5, Kelurahan Tong Marimbun, Kecamatan Siantar Marimbun, Kota Pematangsiantar, Senin (29/4) sekira pukul 02.15 WIB.

Pada saat kejadian itu, almarhum sedang melaksanakan tugas pengamanan Pemilu Serentak 2019 usai mengantarkan kotak surat suara ke KPU Simalungun.

Tunggul Simbolon meninggalkan 1 orang istri dan 2 orang anak. Kepergian almarhum selain meninggalkan duka bagi keluarga, juga menjadi rekan-rekan kerjanya di Mapolres Simalungun.

Baca juga: Diduga Kelelahan Antar Kotak Suara, Personel Polres Simalungun Tabrak Pohon dan Meninggal

Hadir dalam acara pemakaman yang langsung dipimpin oleh Kapolres Simalungun AKBP Marudut Liberty Panjaitan, Bupati Simalungun JR Saragih, Dandim 0207/Simalungun Letkol Frans Kisin Panjaitan, Ketua KPU Simalungun Raja Ahab Damanik, Ketua Bawaslu Simalungun M Choir Nasution, dan ratusan anggota Polres Simalungun dan juga disaksikan oleh ratusan keluarga dan masyarakat Tiga Balata.

Bupati Simalungun JR Saragih, dalam kesempatan itu menyampaikan bela sungkawa atas nama Pemerintah Kabupaten Simalungun atas meninggalnya Ipda (Anumerta) Tunggul Simbolon saat sedang menjalankan tugasnya.

Pemerintah Kabupaten Simalungun memberikan bantuan sebesar Rp 40 juta untuk keluarga yang ditinggalkan, sembari langsung memberikan bantuannya secara langsung kepada keluarga Ipda (Anumerta) Tunggul Simbolon.

Usai melaksanakan upacara pelepasan, jenazah Almarhum Ipda (Anumerta) Tunggul Simbolon pun diberangkatkan menuju Tempat Pemakaman Umum Kelurahan Tiga Balata. Di TPU, kembali acara pemakaman digelar dan kembali langsung dipimpin oleh Kapolres Simalungun dan masih diikuti ratusan anggota Polres Simalungun, keluarga dan masyarakat.

Dalam sambutannya, Inspektur Upacara Pemakaman Kapolres Simalungun mengatakan, bahwa meninggalnya almarhum Ipda (Anumerta) Tunggul Simbolon, Kepolisian Negara Republik Indonesia telah kehilangan salah satu putra terbaiknya, dan mendoakan agar Tuhan Yang Maha Kuasa kiranya almarhum ditempatkan disisinya sesuai amal dan ibadahnya, serta jasa dan pengabdiannya. (mag04/adi/pra)

iklan usi