News

Selama 2 Hari, 3 Pemilik Sabu dan Ganja Ditangkap

FaseBerita.ID – Personel Unit Reskrim Polsek Air Batu Polres Asahan berhasil menangkap dua pria yang diduga memiliki sabu dari tempat berbeda, Jumat (28/6/2019), di Dusun IV Desa Hesa Air Genting Kecamatan Air Batu Kabupaten Asahan, dan di Hotel Central Kisaran.

Keduanya yakni Ilham (34) warga Dusun II Desa Air Genting, Kecamatan Air Batu, dan Adek Sirait (42) warga Dusun VII Desa Sipaku Area, Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Asahan.

Hal ini diungkapkan Kapolsek Air Batu AKP Rianto SH MAP kepada awak media. Ia menjelaskan, penangkapan berawal dari laporan masyarakat yang layak dipercaya, bahwa ada seorang pria yang akan melakukan transaksi narkoba jenis sabu di Dusun IV, Desa Hesa Air Genting, Kecamatan Air Batu, Kabupaten Asahan.

“Dengan adanya informasi berhaga itu, saya langsung perintahkan Kanit Reskrim beserta anggota untuk melakukan penyelidikan,” jelasnya.

Polisi yang akrab dengan wartawan itu juga menjelaskan, dari hasil penyelidikan, ternyata benar ada seorang laki-laki yang datang ke areal perladangan sawit di Dusun IV Desa Air Genting dengan mengenderai sepedamotor Mio Sporty BK 2155 VAK, mendatangi seseorang pembeli bernama Putra Bagol.

“Kemudian, saat hendak transaksi, langsung dilakukan penangkapan. Saat itu, Ilham mencoba melarikan diri sambil membuang dua klip kecil di samping sepedamotor sambil lari. Dari pengejaran itu, pihak kami berhasil menangkap Ilham,” ungkapnya.

Mantan Kapolsek Kota Kisaran ini pun membeberkan, dari kantong celana kiri tersangka jatuh uang penjualan dan satu klip sabu.

“Ilham juga mengakui bahwa sabu tersebut miliknya, kemudian Ilham dibawa ke tempat sepeda motor yang dijatuhkannya dan ditemukan dua paket klip kecil sabu yang juga diakui miliknya,” beber Kapolsek.

Selanjutnya, sambung AKP Rianto, Ilham di bawa ke Polsek Air Batu untuk proses penyelidikan lebih lanjut. Berdasarkan hasil introgasi terhadap Ilham, ia membeberkan bahwa barang tersebut dia dapatkan dari seorang pria bernama Adek Sirait.

“Tanpa mengulur waktu, pihak kami  melakukan pengembangan dan berhasil meringkus tersangka Adek Sirait di Hotel Central Kisaran, dan langsung dibawa ke Polsek Air Batu,” pungkasnya.

Kemudian, di desa yang sama dusun yang berbeda, Sat Res Narkoba Polres Asahan juga berhasil menangkap tersangka pemilik sabu dan ganja, Sabtu (29/6) sekira pukul 22.00 WIB, di Dusun VI Desa Air Genting, Kecamatan Air Batu, Kabupaten Asahan.

Tersangka bernama Hariadi Alias Gorbus (31) warga Dusun VI, Desa Air Genting, Kecamatan Air Batu, Kabupaten Asahan.

Kasat Res Narkoba Polres Asahan AKP Antony Tarigan menejelaskan, pada malam itu, tim Opsnal mendapat informasi dari masyarakat yang layak dipercaya, tepatnya di belakang rumah warga Dusun VI, Desa Air Genting, Kecamatan Air Batu, Kabupaten Asahan, sering dijadikan tempat bertransaksi narkoba jenis sabu.

Selanjutnya dilakukan penyelidikan di sekitar TKP, setelah mendapatkan informasi yang akurat,  tim langsung bergerak menuju TKP dan berhasil menangkap satu orang  laki-laki. Lelaki tersebut digeledah dan ditemukan barang bukti berupa narkoba jenis sabu dan ganja yang diakui adalah miliknya. Tersangka mengakui, jika barang haram milik itu diperoleh dari seorang pria berinisial AB melalui perantara SW yang tinggal satu desa dengannya.

“Kini tersangka beserta barang bukti sudah kita amankan ke Sat Narkoba Polres Asahan,” ungkapnya. (bay/ahu)