News

Sekolah Swasta Diimbau Beri Keringanan Biaya Sekolah

FaseBerita.ID – Pandemi Covid-19 di Kota Pematangsiantar tidak cuma berdampak bagi kesehatan. Kondisi ini juga memberi dampak bagi ekonomi masyarakat.

Plt Kepala Dinas Pendidikan Siantar Rosmayana mengimbau agar pihak sekolah swasta bisa memberi keringanan biaya pendidikan bagi siswanya.

“Pihak sekolah sudah bisa lah memberi keringanan biaya sekolah. Karena seperti yang kita tahu, pandemi Covid-19 tidak hanya berdampak bagi kesehatan tetapi juga perekonomian masyarakat,” kata Rosmayana Spd MM ditemui di ruang kerjanya, Senin (15/6).

Dia juga berharap, belajar daring harus tetap dilakukan. Apalagi, jadwal masuknya sekolah hingga kini belum dapat dipastikan.

Hanya saja sesuai jadwal kalender pendidikan, ajaran baru tanggal 13 Juli mendatang.

“Itupun tergantung Menteri Pendidikan bagaimana penerapanya ke depan, apakah sudah bisa sekolah atau tidak,” paparnya.

Hanya saja, katanya, bila sekolah nantinya dibuka kembali, kemungkinan jadwal masuk dibagi dua gelombang. Hal itu untuk mengantisipasi keramaian. Namun, sebelumnya, pihak sekolah harus bisa menerapkan bahwa setiap siswa harus pakai masker dan rajin cuci tangan.

Disinggung masalah dana bos yang sebelumnya bermasalah di SMP Kota Siantar, Rosmayana menerangkan hal itu wewenang dari kepala sekolahnya dan uang yang bermasalah langsung kepala sekolah yang mengembalikan.

“Lagi pula penggunaan dana BOS dikelola oleh kepala sekolah masing-masing. Kami hanya monitoring saja,” terangnya. (ros)