News

Sekdakot Serahkan Jabatan Walikota Sibolga kepada Jamal

SIBOLGA, Faseberita.ID – Akhirnya, jabatan Wali Kota Sibolga yang dipegang oleh Sekretaris Daerah Kota (Sekdakot) M Yusuf Batubara sebagai Pelaksana Harian (Plh) diserahkan kepada Jamaluddin Pohan di rapat paripurna istimewa dengan agenda mendengarkan pidato perdana Wali Kota Sibolga yang baru, Senin (1/3).

Jamaluddin Pohan sebelumnya dilantik bersama pasangannya Pantas Maruba Lumban Tobing oleh Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi di Medan, Jumat (26/2).

Usai menyerahkan memori jabatan, Sekdakot menyatakan kesiapannya bersama Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemerintah Kota (Pemko) Sibolga mendukung program Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sibolga, Jamaluddin Pohan dan Pantas Maruba Lumban Tobing.

“Kami PNS siap mendukung program Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sibolga Bapak Jamaluddin Pohan dan Pantas Maruba Lumban Tobing untuk masyarakat yang sehat, pintar dan makmur,” kata Yusuf.

Sementara, mengawali pidato perdananya sebagai Waki Kota Sibolga, Jamal mengajak seluruh elemen masyarakat, baik yang memilih dan tidak memilih, untuk bersatu kembali dalam mewujudkan kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Sibolga.

“Kami dilantik bukan hanya untuk pemilih kami saja. Tetapi bagi seluruh masyarakat Kota Sibolga. Baik yang memilih maupun yang tidak memilih. Karena berbeda pilihan itu hal biasa, itu tandanya kita berdemokrasi. Mari kita bersatu kembali,” imbuhnya.

Setelah dilantik sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sibolga, Jamal dan Pantas akan mulai mengemban tugas membangun kota yang berkeadilan bagi seluruh masyarakat.
Sehingga proses pembangunan yang akan dilakukan untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Kota Sibolga.

“Kami juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada para wali kota sebelumnya yang telah menentukan pilihan untuk membangun dan memajukan Kota Sibolga,” tukas Jamal

Tak lupa, mantan Anggota DPRD Tapteng ini mengucapkan terima kasih kepada M Yusuf Batubara selaku Sekdakot yang telah menyerahkan memori jabatan Wali Kota Sibolga.

“Kami juga minta dukungan dan sinergi DPRD sebagai mitra strategis Pemko Sibolga. Demikian pula Forkopimda dan semua elemen masyarakat. Izinkan saya sebagai Wali Kota dan Pak Pantas Maruba Lumban Tobing sebagai Wakil Wali Kota mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi menyukseskan Pilkada Sibolga,” pungkasnya.

Sidang paripurna istimewa dengan agenda mendengarkan pidato pertama Wali Kota Sibolga yang baru itu berlangsung meriah, meski dengan pengetatan Protokol Kesehatan (Prokes).

Semua tamu dan undangan wajib mencuci tangan sebelum masuk ke gedung dewan.
Sementara, Yusuf Batubara bersama Ketua DPRD Sibolga Syukri Nazry Penarik telah menyambut di dalam gedung.

Turut hadir pada acara tersebut, Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani bersama Wakilnya Darwin Sitompul, serta unsur Forkopimda, Anggota DPRD dan pejabat lainnya.(ril/ts/fabe)