News

Sekda Sumut Kagumi Taman Pemkab Tapanuli Selatan

TAPSEL, FaseBerita.ID – Hasban Ritonga, Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara yang telah memasuki pensiun, mengaku takjub dengan taman yang sedang dibangun di lokasi perkantoran Pemkab Tapsel, Sipirok.

“Sangat indah, sangat luar biasa taman yang ada di pusat pemerintahan Pemkab Tapsel ini,” ungkap Ketua Umum Forum Masyarakat Literasi Indonesia (Formalindo) ini di sela kunjungannya pada penyerahan sepeda motor untuk Perpustakaan Desa Silakkitang, Kecamatan Aek Bilah beberapa waktu lalu.

“Kita bangga dan apresiasi hasil pembangunan yang diterapkan Syahrul M Pasaribu. Taman ini bias menjadi salah satu alasan daerah lain berkunjung. Ini memang sangat bagus dan luar biasa, apalagi alamnya sangat mendukung,” ungkapnya.

Sekda Tapsel H Parulian Nasution didampingi Kabag Humas Isnut Siregar menyebut, memang Pemkab Tapsel terus mengembangkan areal taman, di pusat perkantoran Pemerintahan Kabupaten Tapanuli Selatan di Sipirok yang banyak kalangan menilai memiliki artistik yang tinggi.

“Kita juga sedang membangun Kebun Raya dilengkapi dengan gues house, yang nantinya akan mendukung kunjungan wisata ilmiah di Tapsel,” terang Sekda.

Semua itu sebut Sekda, merupakan salah satu obsesi dari Bupati Tapsel, untuk mewujudkan Tapsel yang sehat, cerdas dan sejahtera.

Kabag Humas menyebut, taman dengan berbagai ragam flora membuat decak kagum bagi siapa saja yang datang berkunjung. Bahkan tak jarang terpantau apalagi pada saat hari libur area taman seputaran kantor pusat pelayanan masyarakat ini berubah menjadi lokasi wisata atau dimanfaatkan untuk berswafoto.

Terpisah, Kepala Bagian Pertamanan Derah Kabupaten Tapanuli Selatan Ibnu Salam mengatakan, untuk tahun 2019 lebih kurang Rp9 miliar dana digelontorkan untuk membangun sarana dan prasarana taman-taman tersebut.

“Puluhan jenis flora seperti bunga ketapang, lantama, bunga kertas, palm, jakaranda pucuk merah, rumput yang harganya mulai dari Rp3 ribu hingga diatas satu juta rupiah ditanam (tumbuh) dengan berbagai varian ukuran dan warna,” terangnya.

Di dalam taman itu, ada puluhan jenis bunga berwarna warni yang tumbuh mekar menghiasi taman salah satu sudut pusat perkantoran Pemkab Tapanuli Selatan di Sipirok menambah keasrian sehingga menjadi lingkungan pusat pelayanan masyarakat yang betul-betul representatif.

Tidak itu saja ditengah taman-taman juga ada sarana pembangunan air mancur, kolam retensi, taman tangga air yang dihiasi berbagai lampu-lampu warna-warni, sehingga menambah kemeriahan di malam hari.

Dikatakan, satuan harga jenis flora yang ditanam sesuai dengan harga satuan pokok yang telah di disain oleh pihak Bappeda setempat, dan sampai ada yang didatangkan dari pulau Jawa selain Medan dan sekitarnya.

“Pemkab Tapanuli Selatan di bawah kepemimpinan bupati dua Periode Syahrul M.Pasaribu terus berupaya akan memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. Demikian dengan taman-taman ini akan menambah keindahan kenyamanan serta menjadi ikon Tapanuli Selatan,” terangnya. (ran)

USI