News

Saut B Purba Minta Pemprovsu Prioritaskan Pembangunan Jalan di Simalungun

SIMALUNGUN, FaseBerita.ID-Anggota DPRD Sumatera Utara dari Fraksi Demokrat meminta kepada Pemerintah Provinsi Sumatera Utara Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi Provinsi Sumut memprioritaskan perawatan jalan lintas provinsi yang berada di Kabupaten Simalungun.

Pasalnya saat ini kondisinya sudah sangat parah dan jika dibiarkan terlalu lama, maka biaya yang akan ditanggung akan semakin besar.
“Perlu ada program perawatan rutin serta pembangunan terintegrasi, antara jalan dan saluran air harus dibangun berbarengan. Sehingga jalan yang sudah diperbaiki, dapat lebih awet,” kata Saut Purba, Kamis (28/1) via telepon seluler.

Dijelaskan Saut Purba, saat meninjau beberapa ruas jalan provinsi di Simalungun, mulai dari perbatasan Kota Siantar hingga perbatasan Kabupaten Karo, kondisinya sangat memprihatinkan. Sebagian besar rusak parah, hanya sebagian kecil ruas jalan yang nyaman dilalui. Sisanya merupakan jalan berlubang, serta semakin diperparah dengan banyaknya jalan yang terancam longsor. Termasuk beberapa titik jalan penghubung Kecamatan Raya dengan Kecamatan Raya Kahean.

Legislator Dapil X Sumut ini juga mendapati data dari Staf UPTJJ Siantar Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi Provinsi Sumut, bahwa untuk tahun 2021 biaya perawatan dianggarkan hanya Rp30 Miliar untuk 210 KM jalan provinsi di Simalungun. Sementara kebutuhannya setiap tahun Rp80 Miliar.

Titik lokasi jalan longsor dan rusak yang dikunjungi berada di jalan Provinsi penghubung Sodi Raya Kecamatan Raya menuju Kecamatan Raya Kahean yang masih masuk wilayah Nagori Sondi Raya. Pada lokasi tersebut ada dua titik jalan longsor yang kondisinya sudah sangat memprihatinkan. Selanjutnya Saut Bangkit Purba meninjau jalan rusak ruas jalan Medan Pematangsiantar Km 168 berlokasi di Nagori Raya Usang Kecamatan Raya.

“Kita memaklumi kondisi karena pandemi covid-19, tapi kami mohonlah agar tetap menjadi prioritas. Kondisi jalan secara langsung juga akan memperlancar arus ekonomi masyarakat,”katanya.(esa/fabe)

iklan usi