News

Satpol PP Asahan Gelar Operasi Kasih Sayang: 13 Siswa SMA dan 1 SMP Terjaring

ASAHAN, FaseBerita.ID – Petugas gabungan Satpol PP Kabupaten Asahan bersama Polres Asahan, Kodim 0208/AS dan Subdenpom I/1-4 Kisaran melakukan kegiatan razia kasih sayang terhadap para siswa di Kota Kisaran, Kamis (25/7/2019).

Adapun sasaran tempat yang dirazia adalah warnet, game PS, warung dan taman.

Alhasil, petugas mengamankan pelajar sebanyak 14 orang terdiri dari beberapa siswa SMA dan SMP. Para pelajar ini dibawa ke Kantor Satpol PP Kabupaten Asahan untuk diberikan binaan.

Pantauan wartawan, disaat razia berjalan, terjadi aksi kejar-kejaran antara petugas dengan siswa, bahkan ada juga siswa yang sempat menabrak becak motor, namun begitupun sempat melarikan diri, dan Hp milik siswa terjatuh.

Kabid Trantib Satpol PP Kabupaten Asahan Siti Rosmita Hasibuan menjelaskan, tujuan dari razia kasih sayang ini adalah untuk membuat anak-anak sekolah tidak bolos dari sekolah, serta terhindarkan dari kegiatan negatif lainnya.

“Hal itu pun berkaitan dengan adanya visi misi Pemkab Asahan yakni menjadikan masyarakat Asahan yang sehat, cerdas, riligius dan mandiri,” ucapnya.

Orang yang kerap dipanggil dengan sebutan Mak Eros ini membeberkan, terdapat 14 siswa yang terjaring dalam razia kasih sayang ini.

“Menurut catatan ada 14 siswa yang terjaring dalam razia ini, di antaranya 13 siswa dari pelajar SMA atau sederajat yang terdiri dari 2 sekolah, dan 1 pelajar SMP,” bebernya.

Untuk kelanjutan, Mak Eros akan memanggil para kepala sekolah dan orang tua siswa untuk diketahui mereka.
“Biar orang tua dan kepala sekolah siswa ini tahu bahwa anak-anak mereka ini sedang bolos sekolah, karena bukan hanya tindakan yang mereka lakukan dan bukan hanya menjadi tugas Satpol PP, tapi ini juga adalah tugas mereka (orang tua dan guru) juga,” tuturnya.

Mak Eros mengimbau kepada orang tua siswa dan pihak sekolah, agar lebih mengontrol lagi para anak dan siswanya, agar berangkat dari rumah ke sekolah benar-benar masuk sekolah dan tidak bolos sekolah. (bay/ahu)