News

Salah satu Syarat Pemimpin: Mau Berjamaah, dan Hasim Sudah Melakukannya

FaseBerita.ID – Salah satu syarat menjadi pemimpin yaitu suka berjamaah. Artinya suka bergaul dengan masyarakat, dan berusaha mengetahui keadaan rakyatnya dengan sebaik-baiknya.

Sifat suka berjamaah atau memperhatikan masyarakat ini ditunjukkan dalam sholat fardhu berjamaah. Rasulullah setiap selesai shalat fardhu berjamaah lalu duduk menghadap kepada jamaah sebagai cara menguatkan iman dan takwa.

Hal itu, menurut salah seorang jamaah Masjid Darul Abror, Dolok Marangir, Kecamatan Dolok Batunanggar, telah ditunjukkan oleh H Muhajidin Nur Hasim. Calon Bupati Simalungun nomot urut 2 itu kerap menunaikan ibadah sholat berjamaah dari masjid ke masjid.

“Saya perhatikan, Bang Hasim sering sholat berjamaah dari masjid ke masjid. Itu sudah menunjukkan dia peduli dengan warga. Sholat berjamaah di masjid itu kan otomatis bertemu dengan warga,” terangnya, usai sholat Subuh berjamaah dan menikmati sarapan bersama Hasim di Masjid Darul Abror, Minggu (1/11/2020).

Pagi itu, meski hujan mengguyur dan cuaca dingin, namun pria yang sering disapa Bang Hasim itu tetap bersemangat menunaikan sholat Subuh berjamaah di Masjid Darul Abror.

Usai sholat subuh berjamaah, Hasim bersama ulama dan jamaah masjid menikmati sarapan bersama. Sambil sarapan, Hasim mengajak ulama dan jamaah masjid mengobrol.

Hasim juga memohon doa restu dan dukungan dari mereka.

“Saya pulang kampung hendak membangun kampung halaman, Kabupaten Simalungun, sesuai amanah dari almarhum dan almarhumah kedua orang tua saya,” terang Hasim yang berpasangan dengan Tumpak Siregar atau TPS di Pilkada Simalungun.

Semasa orang tuanya hidup, menurut suami Hazizun Rani itu, selalu berpesan agar dirinya mengingat dan membangun kampung kelahirannya. (rel/fi)

USI