News

Sah! KPU Psp Tetapkan 30 Caleg Terpilih, Berikut Nama-namanya…

SIDIMPUAN, FaseBerita.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Padangsidimpuan resmi menetapkan 30 Calon Legislatif (Caleg) terpilih DPRD Kota Padangsidimpuan hasil Pemilu 2019.

Penetapan caleg terpilih ini dilakukan di Aula Hotel Mega Permata, Sabtu (10/8) lalu. KPU menetapkan caleg terpilih usai pembacaan putusan Mahkamah Konstitusi mengenai perselisihan hasil pemilu se-Indonesia beberapa hari lalu.

Caleg terpilih yang ditetapkan untuk Daerah Pemilihan (Dapil) 1 Kecamatan Psp Utara dan Kecamatan Psp Hutaimbaru sebanyak 11 orang, yakni Abdul Haris Nasution, Arjuna Sari Nasution, Ahmad Maulana Harahap dari Partai Golkar.

Kemudian Mochammad Halid Rahman dan Khoiruddin Siagian dari Partai Gerindra, Feriansyah Hasibuan dari Partai Hanura, Apriyadi Harahap dari Partai Demokrat, Mukhtar Sobri dari PKS, Imran Sah Ritonga dari PPP ,Indra Gunawan Simbolon dari PDIP dan Erpi J Samudra Dalimunte dari PAN.

Untuk Dapil 2 Kecamatan Psp Tenggara, Kecamatan Psp Batunadua dan Kecamatan Psp Angkola Julu sebanyak 10 orang yakni Adianto dan Iswandy Arisandy dari PAN, Madnur Siregar dari Golkar, Muhammad Iqbal dari PKS, Noni Paisah dari Gerindra, Ali Hotmatua Hasibuan dari PDIP, Sopian Harahap dari Hanura, Parsaulian Lubis dari PBB, Irpan dari Demokrat dan Eliyati dari PPP.

Dapil 3 Kecamatan Psp Selatan sebanyak 9 orang yakni Siti Maryam dan Siwan Siswanto dari Golkar, Abdul Rahman Harahap dari Demokrat, Taty Aryani Tambunan dari PDIP, Ahmad Yusuf Nasution dari PKB, Marataman Siregar dari Hanura, Rusydi Nasution dari Gerindra, Erwin Nasution dari PAN dan Imam Gozali Harahap dari PKPI.

Berdasarkan hasil perolehan kursi dan penetapan caleg terpilih dari ketiga Dapil itu, Partai Golkar menduduki peringkat pertama sebanyak 6 kursi disusul Gerindra dan PAN sebanyak 4 kursi.

Kemudian Hanura, Demokrat dan PDIP masing-masing meraih 3 kursi, PPP dan PKS 2 kursi serta PKB, PBB dan PKPI masing-masing meraih 1 kursi.

Ketua KPU Psp Tagor Dumora Lubis mengatakan, penetapan perolehan kursi dan penetapan caleg terpilih untuk 30 calon anggota DPRD Psp merupakan rangkaian tahapan pemilu.

“Penetapan ini dilaksanakan setelah ada putusan MK terkuit gugatan PDIP,” katanya.

Sementara Walikota Psp Irsan Efendi Nasution menegaskan, administrasi untuk pengusulan SK ke Gubernur akan diselesaikan dengan secepatnya.

“Yang dilakukan KPU saat ini merupakan perintah konstitusi dan seluruh administrasi dapat diselesaikan agar pelantikan DPRD Padangsidimpuan bisa tepat waktu,” ujarnya.

Penetapan caleg terpilih dan alokasi kursi untuk masing-masing parpol peserta Pemilu Legislatif Tahun 2019 dihadiri Walikota Irsan Efendi Nasution, Bawaslu Padangsidimpuan, Kodim 0212/TS, Wakapolres, Mewakili Dan yonif 123 Rajawali dan partai politik peserta pemilu tahun 2019. (bsl)

iklan usi