News

Sabu dan Ganja Ditemukan dari Saku Celana Nelayan

SIBOLGA, FaseBerita.ID – Lagi, personel Satnarkoba Polres Sibolga membekuk seorang pemakai narkoba di Jalan KH Ahmad Dahlan, Gang Ojolali, Kelurahan Pancuran Bambu, Sibolga Sambas. Dari tangan pria berinisial SS alias A (36) tersebut, petugas menemukan barang bukti berupa 1 paket sabu-sabu serta sebungkus kecil ganja kering.

Penangkapan warga Lingkungan I, Pasar Baru, Kelurahan Sibuluan Indah Tapteng tersebut bermula dari adanya informasi masyarakat yang resah dengan peredaran narkoba yang mulai marak di sekitar lingkungan mereka.

”Setelah menerima info, Kasat Narkoba dan KBO Narkoba serta personel lainnya melakukan penyelidikan dan pendalaman. Sekira pukul 01.00 WIB, tersangka berhasil kita amankan dari Gang Ojolali. Dari saku celana kiri, ditemukan sebungkus sabu-sabu, terbungkus plastik bening dan sebungkus kecil daun ganja terbungkus kertas warna coklat. Kemudian, dari saku celana sebelah kanan ditemukan 1 unit HP serta dompet berisi uang Rp325.000,” kata Kapolres Sibolga AKBP Edwin Hariandja melalui Kasubbag Humas Iptu Ramadhansyah Sormin, Kamis (18/7/2019).

Dari hasil tes yang dilakukan, urine pria yang berprofesi sebagai nelayan tersebut positif mengandung amphetamine dan metahpetamine. “Tersangka mengaku sudah dua tahun terakhir kecanduan narkoba,” ungkapnya.

Kepada penyidik, tersangka mengaku kalau sabu dan ganja tersebut dia peroleh dari seseorang, yang identitasnya masih dirahasiakan, di Jalan Murai Ujung. Dia juga mengaku, saat berada di salah satu tangkahan di Jalan KH Ahmad Dahlan, dia menghubungi penjual sabu dan memesan paket seharga Rp200.000.

“Sekira pukul 12.00 WIB, tersangka sedang berada di sebuah tangkahan. Dia menghubungi penjual sabu dan memesan seharga Rp200 ribu. Penjual kemudian menyuruh tersangka datang ke jalan Murai Ujung. Keduanya sudah lama kenal, bahkan sudah beberapa kali mereka hisap sabu sama-sama. Setelah uang diberikan, tersangka pun menerima sabu sesuai pesanannya. Kemudian, penjual memberi 1 paket ganja secara gratis kepadanya,” terang Sormin seperti dikatakan tersangka dalam pemeriksaan.

Kemudian, tersangka kembali ke Gang Ojolali dan mengonsumsi sebagian sabu yang baru dia beli. “Saat nogkrong-nongkrong di Gang Ojalali, dia diamankan,” pungkasnya.

Tersangka kini ditahan di RTP Mapolres Sibolga. Kepadanya dikenakan pasal 114 ayat 1 Subsider pasal 112 ayat 1 dan pasal 111 ayat 1, dari Undang-undang RI Nomor 35 tahun 2009, tentang Narkotika, dengan ancaman hukuman diatas 5 tahun. Barang bukti dalam perkara tersebut, 1 paket sabu seberat 0,7 gram dan 1 paket ganja seberat 0,7 gram. (ts)

USI