News

Senandung Simalungun Digelar di Kota Siantar

Dihadiri Jhon Eliaman Saragih

SIANTAR, FaseBerita.ID– Demi mengembangkan minat, motivasi dan membangkitkan kembali musik Simalungun, para pegiat Simalungun menggelar acara Senandung Simalungun yang di selenggarakan di Siantar Hotel, Jalan WR Supratman, Pematangsiantar, Sabtu (14/3).

Maruli Damanik saat diwawancarai media ini menceritakan, kegiatan ini dalam rangka memotivasi dan membangkitkan kembali pentas musik Simalungun untuk Nusantara, sekaligus memotivasi seniman-seniman.

“Yang kita ketahui kan seniman-seniman sekarang sudah mulai layu. Dengan adanya acara ini, semoga mampu membangkitkan semangat mereka. Kembali melahirkan karya-karya yang akan membawa nama baik Simalungun di tingkat Nusantara,” ujarnya sembari mengatakan agar pihak-pihak lebih mencintai budaya Simalungun lewat senandung ini.

Acara ini akan dimeriahkan beberapa artis Simalungun seperti Jhon Eliaman Saragih, Supra Purba Tambak, Maria br Saragih, Arlinda br Damanik, Agus Purba, juga dari Sanggar Seni Sihoda dan lainnya.

“Sebenarnya ini kita buka untuk umum. Siapa saja boleh datang. Kegiatan ini juga tidak ada di latar belakangi kepentingan politik maupun yang lainnya. Yang pada intinya ini murni ingin membangkitkan kembali para seniman Simalungun. Kepada mereka yang rindu akan senandung Simalungun silahkan datang. Gratis,” tegasnya.

Maruli Damanik menambahkan, kegiatan ini sekaligus untuk meningkatkan kepariwisataan kota Pematangsiantar. Dengan kegiatan ini bukan cuma dari Siantar saja yang datang melainkan dari luar kota seperti Medan, Karo, Jakarta dan beberapa daerah lainnya.

“Paling tidak kalau dari luar kota datang otomatis mereka memesan hotel dan menambahi penghasilan di Siantar. Karena yang saya ketahui yang dari luar kota sudah ada beberapa yang memesan hotel,” tambahnya.

Pihaknya berharap kepada pemerintah agar menjadi kalender on event di Siantar maupun daerah lain. Dan bisa menjadi salah satu acara menjadikan event-event seperti ini untuk menarik minat wisatawan.

“Ini salah satu cara agar kaum milenial lebih mencintai budaya sendiri daripada budaya lain. Karena Simalungun ini, budaya seninya sangat luar biasa,” pungkasnya. (Mag 04/fi)

iklan usi