News

Rumah Puluhan Warga Nagori Panambean Marjanji Terancam Longsor

Warga Berharap Pembangunan Tembok

TANAHJAWA, FaseBerita.ID-Puluhan rumah di Dusun lll Nagori Panambean Marjanji Kecamatan Tanah Jawa Kabupaten Simalungun, terancam terseret longsor. Jurang yang berada di belakang perumahan warga dengan kedalaman berkisar 50 meter, tinggal berjarak sekitar 15 meter dari rumah. Bahkan sebagian tanaman warga sudah terseret longsor, jatuh ke dalam jurang.

Ditemui, Senin (16/6/2020) beberapa warga menyampaikan harapannya kepada pemerintah agar segera dilakukan pengamanan dengan membangun bronjong atau tembok penahan.

“Kami sangat berharap pemerintah Kabupaten Simalungun maupun pihak yang berkompeten untuk membantu membangun tembok pengaman. Jika hujan dating, warga sudah sangat khawatir terjadi longsor besar yang mengakibatkan rumah ikut terseret ke jurang,” kata warga Dusun lll,  A Siregar didampingi R Hutasoit dan R Sianturi.

Dijelaskan mereka, tanaman yang ditanam di belakang rumah tersebut, selama ini membantu pendapatan warga. Namun karena terseret longsor, tanah tersebut tidak lagi menghasilkan. Ada 65 kepala keluarga yang tinggal di Dusun III.

Sementara Pangulu Panambean Marjanji Hendrik Siahaan saat dikonfirmasi melalui telepon seluler mengatakan, sudah beberapa kali mengusulkan pembangunan ke Pemerintah Kabupaten Simalungun supaya segera diperbaiki.

“Supaya masyarakat Dusun lll bisa tenang, jangan dihantam longsor. Kita tunggu saja bantuan Pemkab Simalungun,”kata Hendrik Siahaan.(bis/fi)

USI