News

Rumah Nelayan Hangus Dilalap Sijago Merah

FaseBerita.ID – Satu unit rumah milik Hasnan Simbolon (55), warga Dusun II Desa Sitiris-tiris Kecamatan Andam Dewi, Tapanuli Tengah (Tapteng) hangus dilalap sijago merah Sabtu (31/8/2019). Api diduga berasal dari korsleting arus pendek listrik.

Informasi yang diperoleh, kebakaran terjadi sekira pukul 17.30 WIB. Api pertama kali muncul dari jaringan intalasi listrik yang berada di depan rumah. Karena rumah tersebut terbuat dari kayu (semi permanen), percikan api langsung menyambar dinding rumah yang terbuat dari papan.

Warga yang mengetahui kebakaran berusaha memadamkan api dengan peralatan seadanya. Namun kontruksi rumah yang mayoritas terbuat dari kayu, membuat warga kewalahan untuk menjinakkan api. Walau akhirnya berhasil dijinakkan, kobaran api telah menghabiskan seisi rumah.

Kapolres Tapanuli Tengah AKBP Sukamat, melalui Kasubbag Humas, Iptu Rensa Sipahutar, membenarkam periatiwa kebakaran yang menimpa salah seorang warga Kecamatan Andam Dewi tersebut. “Iya benar, milik Hasnan Simbolon yang sehari-harinya berprofesi sebagai nelayan,” sebut Rensa, melalui pesan tertulisnya.

Dari keterangan beberapa saksi, sambung Rensa, asal muasal api di duga berasal dari korsleting arus pendek, dan saat ini telah di tangani Unit Reskrim Polsek Barus. Walau tidak ada korban jiwa, kerugian material akibat amukan sijago merah ini ditaksir mencapai Rp135 juta.

“Sudah kita tangani dengan memeriksa beberapa saksi dan menyita barang bukti berupa 1 potong kayu bekas terbakar dan 1 lembar seng bekas terbakar,” pungkasnya.

Tidak ada korban jiwa pada kebakaran tersebut. Namun, semua harta benda, pakaian, maupun barang lainnya milik korban ludes. (ztm)