News

Rumah Makan di Siantar Diminta Tutup Sementara, Termasuk Toko Roti Ganda

SIANTAR, FaseBerita.ID-Untuk mencegah penyebaran virus Corona (Covid-19), berbagai upaya telah dilakukan oleh Pihak pemerintah.

Adapun upaya yang sudah dijalankan seperti Lembaga Pendidikan seperti,  Sekolah-sekolah dan perguruan tinggi disarankan untuk diliburkan sementara waktu.

Hal yang serupa juga dijalankan di Wilayah Sumatera Utara, termasuk di wilayah Kota Pematang Siantar.

Penerapan itu dijalankan berdasarkan putusan Gubernur Sumatera, yang ditindak lanjuti oleh  Walikota Kota Pematang Siantar. Melalui surat edaran nya yang dikeluarkan melalui Satuan Pamong Praja (Satpol-PP-red), agar Pengusaha Cafe, Club Malam dan Resto termasuk rumah makan yang disarankan agar tutup dalam waktu dekat untuk mendukung kebijakan pemerintah dalam memberantas peredaran Covid-19.

Hal itu dibenarkan oleh Raja Nababan selaku Kabid Tritagun Satuan Pamong Praja Kota Pematang Siantar, saat diwawacarai wartawan, Kamis (26/3/2020) siang tepatnya di ruang kerjanya.

“Ia benar, menurut perintah dari atasan yang menyebut seluruh kafe-kafe, resto dan rumah makan agar tutup sementara waktu untuk mencegah peredaran Covid-19”, ujarnya.

Lebih lanjut Raja Nababan menambah bahwa ia dah pihaknya telah melakukan sosialisasi dibeberapa rumah makan, Seperti Rumah Makan Gajah yang beralamat di Jalan Diponegoro Simpang Empat Kota Pematang Siantar.

“Kita semalam ke rumah makan Gajah itu bang, karena disana banyak kerumunan warga, jadi kita sarankan untuk tutup. Jika tidak ditutup maka kita tutup paksa, imbuhnya.

Lebih lanjut saat wartawan mencoba mempertanyakan seperti Toko Roti Ganda yang beralamat di Jalan Sutomo Kelurahan Proklamasi Kecamatan Siantar Barat, dimana disana kerumunan masyarakat sangat lah besar, ditambah lagi banyak Warga yang datang dari luar daerah yang singgah disana dengan bertujuan untuk mencicipi kuliner Khas Kota Pematang Siantar itu.

Untuk itu Raja Nababan menegaskan akan menyurati pemilik usahanya dalam waktu dekat agar ditutup sementara waktu.
” Nanti sore kita kesana bang, biar ditutup”, ujarnya.

Lebih lanjut Raja Nabaan menyebut dalam keadaan saat ini, ia dan pihaknya meminta kerjasama dari Pengusaha Cafe Malam, resto dan lain sebagai agar merespon kebijakan yang dikeluarkan oleh Pemerintah.

“Mari lah kita bekerja sama untuk mencegah peredaran Covid-19. Makin cepat kita patuhi makin cepat masalah ini akan berakhir”, tutupnya. (mag-03/fi)

USI