News

RSU Tuan Rondahaim Pindah ke Batu XX, Pasien BPJS Kesehatan Tidak Dilayani

SIMALUNGUN, FaseBerita.ID – Sejumlah masyarakat yang memiliki kartu BPJS Kesehatan merasa kecewa atas kondisi RSU Tuan Rondahaim tidak melayani pasien BPJS Kesehatan. Hal itu terjadi sejak rumah sakit tersebut pindah ke Batu XX, Kecamatan Panombean Pane.

Sebelumnya operasional RSU Tuan Rondahaim berada di komplek SKPD Kantor Bupati Simalungun di Kecamatan Raya. Dan selama ini, rumah sakit tersebut dapat melayani pasien BPJS Kesehatan. Nah, satu bulan terakhir ini, Bupati Simalungun JR Saragih kemudian memindahkan RSU Tuan Rondahaim yang di Raya ke Kecamatan Panombean Pane.

Ternyata perpindahan ini berdampak pada layanan untuk pasien BPJS Kesehatan. Sebab pihak BPJS Kesehatan harus menerima administrasi atau berkas soal kepindahan tersebut, tapi sampai saat ini berkas itu belum selesai.
Situasi ini membuat pasien yang memiliki kartu PBJS Kesehatan mengeluh, sebab bila berobat ke RSU Tuan Rondahaim dengan memakai kartu BPJS Kesehatan tidak dapat dilayani.

Pihak BPJS Kesehatan yang berkantor di Kota Pematangsiantar mengakui bahwa layanan BPJS Kesehatan tidak bisa diakomodir RSU Tuan Rondahaim lantaran kepindahan lokasi.

“Jadi bukan kami (BPJS Kesehatan) yang menghentikan kerja sama dengan RSU Tuan Rondahaim. Namun karena kepindahan operasional rumah sakit tersebut maka perlu ada berkas administrasi sesuai dengan regulasi atau aturan yang ada. Dan itu belum kami terima. Jadi kita masih menunggu dari pihak rumah sakit,” ujar Arnold, salah satu pegawai BPJS Kesehatan.

Arnol menambahkan bagi masyarakat yang ingin berobat untuk mendapatkan layanan BPJS Kesehatan dapat berobat ke rumah sakit lainnya.
Sementara itu, Direktur RSU Tuan Rondahaim dr Debora belum bisa dikonfirmasi terkait keluhan masyarakat tersebut. Saat dihubungi malalui seluler tidak ada respon.(pra/fabe)