News

RSU FL Tobing Sibolga Siapkan Ruang Isolasi

FaseBerita.ID – Meskipun tidak sebagai rumah sakit rujukan untuk pasien terjangkit virus corona, Rumah Sakit Umum (RSU) dr Ferdinand Lumbantobing Sibolga tetap menyiapkan ruang isolasi.

“Ruang isolasi yang kita siapkan sejauh ini sebanyak 2 unit kamar dan ruang terpadu yang memiliki banyak tempat tidur jika adan pasien yang terjangkit virus corona,” ujar Direktur PPK BLUD RSU dr Ferdinan Lumban Tobing Sibolga dr Hotma Nauli Hutagalung kepada wartawan usai mendampingi Walikota Sibolga meninjau kesiapan RSU Sibolga, Rabu (8/4) sore.

Menurut Hotma, sampai saat ini belum ada pasien terjangkit Viru Corona yang sudah dirujuk ke RSU dr FL Tobing Sibolga. “Kita sangat tidak mengharapkan adanya warga Sibolga yang menjadi pasien terkena virus corona. Namun apabila itu ada, ruangan itu sudah siap digunakan,” jelasnya.

Terkait alat pelindung diri (APD) bagi tenaga medis, Hotma mengaku masih kekurangan dan akan selalu diupayakan untuk melengkapinya, dan pihaknya juga selalu berpedoman apa yang dikeluarkan oleh Kemenkes RI dan WHO.

“Selaku direktur RSUD FL Tobing, kita juga telah membuat kebijakan SOP penggunaan alat pelindung diri (APD). Apalagi APD itu tidak sama disemua tempat, dan itu berbeda-beda, baik yang digunakan di kantor, di ruangan periksa dan di IGD. Masing-masing sudah kita atur,” bebernya.

Dia mengatakan, alat rapid test covid-19 di RSU dr FL Tobing juga telah ada dan di ruang isolasi RSU juga telah dilengkapi dengan helpa filter, sebuah ruangan bertekanan udara negatif. Ini sebagai upaya kita agar ruangan isolasi itu sesuai dengan standar,” ungkapnya seraya mengatakan ruangan pemulasaran jenazah juga sudah disiapkan sesuai dengan SOP.

Sekedar informasi bagi masyarakat, sambungnya, bahwa pasien ODP itu tidak semuanya dibawa ke rumah sakit, yang dibawa itu yang memang menunjukkan gejala yang harus mendapat rawat inap. “Jangan ada kesan bahwa rumah sakit menolak pasien. Namun kalau ada indikasi rawat inapnya ada, maka pasien akan dirawat,” tegasnya.

Dandim 0211/TT Letkol Dadang Alex selaku Wakil Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 mengatakan bahwa pihaknya tetap mengantisipasi adanya PDP Corona di wilayah Kota Sibolga.

“Kalau dari kelayakan untuk penanganan pasien Virus Corona, Rumah Sakit Umum dr FL Tobing memang belum. Itu sebabnya kami kami datang untuk melihat mana yang perlu dilakukan perbaikan, dan untuk itu kita butuh dukungan dari semua pihak,” jelas Dadang.

Turut dalam peninjauan itu, Wakil Walikota Sibolga Edi Polo Sitanggang, Dandim 0211/TT Letkol Dadang Alex, Kapolres Sibolga AKBP Triyadi, Kajari Sibolga Henri Nainggolan, Danlanal Sibolga Letkol Laut (P) Benhart Marimbun Simaremare, Sekda Kota Sibolga M Yusuf Batubara, Kadis Kesehatan Firmansyah Hulu dan lainnya. (rb)

USI