News

Rony Situmorang Sosialisasi Perda Nomor 1 Tahun 2019 Kepada Pelajar Siantar-Simalungun

Bersama BNNK Pematangsiantar

SIANTAR, FaseBerita.ID– Anggota DPRD Sumatera Utara dari Partai Nasdem, Rony Reynaldo Situmorang mengadakan sosialisasi Perda Nomor 1 Tahun 2019 yaitu tentang Fasilitasi Pencegahan, Penyalahgunaan Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif lainnya, di 12 sekolah, di daerah pemilihannya yaitu di Kota Pematangsiantar dan Kabupaten Simalungun.

Adapun ke – 12 sekolah yang dipilih lokasi sosialisasi yaitu, Yayasan Pendidikan Teladan Tanah Jawa, SMP GKPS Jalan Sisingamangaraja Pematangsiantar, Yayasan Pendidikan Trisaksi Jalan Pdt J Wismar Saragih Pematangsiantar, SMK HKBP Jalan Ahmad Yani Pematangsintar, SMK Cinta Rakyat Pematangsiantar, SMK Pariwisata USI Pematangsiantar, SMA Kartika Jalan Kartini Pematangsiantar, SMA Taman Siswa Pematangsiantar, SMA MARS Pematangsiantar, SMK GKPI 1 Pematangsiantar, SMK Harapan Pematangsiantar, SMK Negeri 1 Pematangsiantar.

Dan setiap melakukan sosialisasi, politisi Partai Nasdem ini tidak sendirian, dia ditemani pihak Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Pematangsiantar dan juga praktisi hukum.

Seperti pada Rabu (22/9/2021) siang lalu, Rony Reynaldo Situmorang mengadakan sosialisasi di SMK GKPI 1 yang beralamat di jalan DI Panjaitan Pematangsiantar.

Pantauan wartawan, Rony tampak didampingi Ketua BNNK Pematangsiantar, Dr Tuangkus Harianja, MM dan praktisi hukum, Binaris Situmorang SH yang juga menjabat Plt Ketua Peradi Siantar – Simalungun.

Sedangkan sosialiasi tersebut, diikuti 150 orang peserta yaitu siswa – siswi dan para guru SMK GKPI.

Enam orang Duta Anti Narkotika Pematangsiantar juga ikut dalam acara sosialisasi pencegahan penyalahgunaan Narkotika tersebut dan bahkan ikut memotivasi para pelajar agar menjauhi Narkotika, demi meraih masa depan yang cemerlang.

Pada kesempatan itu, Rony Reynaldo Situmorang menegaskan, dirinya sengaja melakukan sosialisasi Perda Nomor 1 Tahun 2019 ini di sekolah yang ada di Pematangsiantar  di Simalungun.

Tujuannya, kata anggota DPRD Sumut dua periode ini, yaitu untuk mencegah penyalahgunaan Narkotika secara dini.

“Karena para pelajar sangat rentan terpengaruh untuk memakai Narkotika, makanya kita mau bentengi mereka dan kita beritahu, apa itu Narkotika, dan apa bahayanya bagi kesehatan dan masa depan mereka. Makanya kita sengaja melibatkan BNNK Pematangsiantar untuk memberikan pengetahuan tentang Narkotika,”ungkap Rony.

Harapan Rony, para peserta sosialisasi dapat terhindar dari bahaya penyalahgunaan Narkotika dan informasi yang didapat juga dapat diberitahukan kepada keluarga dan teman – teman mereka, sehingga semakin banyak orang sadar akan bahaya mengkonsumsi Narkotika.

“Mari kita nyatakan perang terhadap Narkotika. Kalau sudah tidak ada lagi orang yang pakai Narkotika maka tidak ada lagi pengedar dan bandar Narkotika di daerah kita,”ujarnya.

Sementara itu, Ketua BNNK Pematangsiantar, Dr Tuangkus Harianja, langsung memberikan informasi tentang Narkotika, jenis – jenisnya, dan bahayanya jika dikonsumsi.

Kata Tuangkus, banyak cara pengedar untuk mempengaruhi orang agar mengonsumsi Narkotika.

“Karena Narkotika bisa saja dicampur ke minuman dan juga makanan, makanya adik – adik pelajar harus hati – hati saat menerima pemberian dari orang lain karena bisa saja, makanan maupun minuman itu sudah bercampur Narkotika, “kata Tuangkus.

Diingatkannya, jangan coba – coba pakai Narkotika,  dan hati – hati dengan bujuk rayuan orang lain karena Narkotika bisa membuat ketagihan dan ujung-ujungnya menghancurkan masa depan,  mengganggu kesehatan tubuh dan bahkan bisa menyebabkan kematian.

“Dan jenis Narkotika yang paling sering dipakai kaum milenial atau pelajar yaitu jenis sabu dan ekstasi,”katanya.

Tuangkus menegaskan, tingginya angka kriminal seperti pencurian, begal, rampok dan jambret, juga diakibatkan narkotika. Karena orang yang sudah candu Narkotika, akan nekat melakukan apa saja yang penting bisa mengkonsumsi Narkotika.

Kepala BNNK Pematangsiantar mengucapkan terimakasih kepada Rony Reynaldo Situmorang yang telah melakukan sosialisasi ini karena manfaatnya sangat luar biasa dalam mencegah penyalahgunaan Narkotika di kalangan pelajar atau lingkungan sekolah.

“Semoga instansi lainnya juga ikut ambil bagian untuk memerangi peredaran Narkotika, khususnya di Kota Pematangsiantar,”ujarnya berharap.

Pada kesempatan itu, Kepala SMK GKPI 1, T Hotlion Sihombing SSi, MM, juga menyampaikan terimakasih kepada Rony Reynaldo Situmorang yang telah melaksanakan sosialisasi di sekolah yang dipimpinnya.

Menurutnya, kegiatan ini sangat positif, sehingga para pelajar dapat mengetahui tentang Narkotika, apa jenisnya, dan bahayanya.

“Semoga Bapak Rony Reynaldo Situmorang diberi kesehatan dan semua tugas – tugas dilancarkan Tuhan,”ujarnya yang saat itu juga memberikan ulos kepada Rony Reynaldo Situmorang dan Ketua BNNK Pematangsiantar.

Pantauan wartawan, para siswa – siswi tampak antusias dan bahkan berlomba mengajukan pertanyaan terkait Narkotika. Dan acara menerapkan protokol kesehatan (Prokes) yang ketat, guna menghindari penyebaran virus corona.(rel/fabe)