News

Rizal Ramli Curhat: dari SBY Hingga Jokowi Selalu Dijegal JK jadi Menteri

FaseBerita.ID – Rizal Ramli dikenal sebagai seorang ekonom senior di Tanah Air. Hal tersebut ternyata pernah membuat Presiden Jokowi meminta dirinya menjabat sebagai Menteri Perekonomian Republik Indonesia.

Namun, baru-baru ini Rizal Ramli mengungkap sebuah cerita yang cukup mengejutkan. Ia mengaku bahwa dirinya selalu mendapat penolakan untuk menjadi Menteri dari Jusuf Kalla (JK).

Dan penolakan tersebut pun telah terjadi beberapa kali.

Jokowi Mau Rizal Ramli Jadi Menteri Perekonomian

Rizal Ramli mengaku bahwa dulu Jokowi pernah meminta dirinya untuk menjabat menjadi Menteri Perekonomian. Hal tersebut dikatakan oleh ekonom senior ini dalam tayangan saluran YouTube Karni Ilyas Club.

“Waktu dia (Jokowi) jadi presiden, dia maunya Rizal Ramli jadi menteri ekonomi,” kata dia.

JK Tolak Rizal Jadi Menteri Perekonomian

Namun terdapat salah satu fakta menarik yang diungkapkan oleh Rizal Ramli kala dirinya diminta jadi Menteri Perekonomian. Ia mengatakan bahwa permintaan Jokowi saat itu tidak disetujui dan ditolak oleh Jusuf Kalla (JK).

“Tapi, JK selalu block saya. Pokoknya JK enggak mau Rizal pegang ekonomi dan keuangan,” lanjut Rizal.

JK Tolak Rizal Jadi Menhub Saat SBY Jadi Presiden

Rizal juga mengatakan bahwa dirinya dulu sempat akan dijadikan menteri Perhubungan pada era presiden SBY. Namun, lagi-lagi JK mengganjal hal tersebut.

“Sama juga waktu SBY, SBY sudah tanda tangan bahkan. Rizal Ramli menhub, diganjal sama JK,” imbuh Rizalnya.

Nama Dipertahankan Jadi Menteri Keuangan dan BUMN, JK Kembali Tolak

Diungkapkan oleh Rizal bahwa kala SBY menjadi presiden, namanya masih dipertahankan setelah diganjal menjadi Menhub oleh JK. Nama Rizal dipertahankan untuk jadi Menteri Keuangan, namun ternyata hal tersebut kembali ditolak oleh JK. Bahkan saat Rizal akan dijadikan Menteri BUMN, JK juga menolaknya.

“Waktu itu SBY pertahankan jadi menteri Keuangan, dia (JK) enggak setuju lagi ya kan? Akhirnya SBY minta Rizal Ramli Menteri BUMN, dia (JK) enggak setuju lagi,” paparnya.

Angkat Rizal Ramli Jadi Menteri Bidang Kemaritiman

Akhirnya, ekonom tersebut diminta agar menjadi menteri Bidang Kemaritiman. Awalnya, Rizal sempat menolak dan menyodorkan beberapa nama lain, namun Jokowi tetap meminta dirinya agar menjadi Menteri Maritim karena beberapa alasan.

“Dia bilang, Mas Rizal bantu saya sebagai menteri Maritim. Saya bilang, mas terima kasih itu bukan bidang keunggulan saya. Saya ada daftar nama ini buat ini (Menteri Maritim), ‘enggak-enggak! saya maunya mas Rizal, karena mas Rzizal orangnya berani, yang kedua ngerti masalah. Jadi saya mau mas Rizal,” kata Rizal bercerita. (merdeka/fi)

iklan usi