News

Rencana Pemindahan Kantor Bupati dan DPRD Padang Lawas Legal

FaseBerita.ID – Pembangunan Kantor Bupati dan DPRD Padang Lawas yang rencananya akan dipindahkan ke Bulusonik Kecamatan Barumun. Pemindahan ini sebagai langkah Pemkab Palas membangun merencanakan kembali pembangunan kantor bupati dan DPRD. Mengingat sejak 2009, proyek multiyear yang bermasalah.

Tentu saja pemindahan tersebut harus memenuhi syarat secara hukum. Dan kemarin, Senin (28/12) di Pendopo Rumah Dinas Bupati, Kajari Padang Lawas menyerahkan berkas Legal Opinion, terkait rencana pemindahan lokasi pembangunan kantor bupati dan rencana pengadaan pertapakan kantor DPRD Palas, kepada Pemkab Palas.

Secara langsung, draf kajian hukum (legal opinion) ini diserahkan Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Padang Lawas Kristianti Yuni Purnawanti kepada Bupati Padang Lawas Ali Sutan Harahap (TSO) dan Ketua DPRD Amran Pikal Siregar.

Diketahui, legal opinion ini merupakan tindak lanjut dari permohonan pendapat hukum dari Pemkab Palas terhadap kejaksaan negeri Palas, beberapa waktu lalu. Hasilnya, pemkab palas sah melakukan pemindahan pertapakan kantor bupati dan DPRD dari lokasi Desa Tanjung Baringin Simarulak ke Bulusonik.

“Pemindahan lokasi pembangunan kantor Bupati Palas dari lokasi rencana pembangunan sebelumya, dan pengadaan lokasi pertapakan Kantor DPRD Palas sesuai kajian kami secara hukum diperbolehkan. Namun ada beberapa poin aturan yang harus diindahkan sesuai yang tertulis dalam berkas LO ini,” terang Kajari Palas.

Bupati Palas Ali Sutan Harahap (TSO) turut mengucapkan terimakasih kepada Kejari Palas atas legal opinion tersebut. TSO berharap, hubungan sinergitas antara Pemkab Palas dan Kejari Palas dapat tetap terjalin dengan baik ke depan.

“Semoga kegiatan ini membawa berkah bagi kita semua dan seluruh masyarakat Padang Lawas. Sekali lagi, terimakasih, juga kepada ketua dan saudara-saudara anggota DPRD Palas,” kata TSO.

Dalam kesempatan ini juga turut dihadiri Ketua DPRD Palas Amran Pikal Siregar, Sekda Palas Arpan Nasution, Kasi Datun Kejari Palas Adek Mery Sasti Siregar dan sejumlah anggota DPRD Palas lainnya. Dan perlu diketahui, rencana pembangunan kantor bupati dan pengadaan pertapakan kantor DPRD ini akan dilaksanakan pada tahun anggaran 2021 ini. (tan/fabe)