News

Rencana Munas Golkar: 33 DPD di Sumut Deklarasi Dukung Airlangga Hartarto

SIBOLGA, FaseBerita.ID – Sebanyak 33 Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Golkar se-Sumatera Utara (Sumut) baru-baru ini mendeklarasikan dukungan terhadap Airlangga Hartarto untuk kembali maju merebut kursi ketua umum (Ketum) Partai Golkar  pada Musyawarah Nasional (Munas) Desember mendatang.

Namun, menurut salah seorang kader partai Golkar Sumut, Sahlul Umur Situmeang, deklarasi dukungan yang di berikan itu adalah bentuk ketakutan Airlangga terhadap rivalnya Bambang Soesatyo (Bamsoet) yang juga akan bertarung merebut kursi Ketum Golkar.

“Surat dukungan atau rekomendasi yang mereka (Golkar Tingkat II) berikan kepada Airlangga itu tidak akan berlaku di Munas nanti,” kata Sahlul Umur Situmeang, Senin (5/8).

Tapi kata dia, yang berlaku pada saat Munas Golkar nanti adalah dari Bakal Calon menjadi Calon harus mendapatkan dukungan hak suara minimal 30 persen dari peserta Munas yang Hadir bukan rekomendasi.

“Artinya, penentuan untuk menjadi calon ketua itu diatur dalam tata tertib (Tatib) pemilihan ketua umum Golkar, jadi bukan sembarangan saja,” ujarnya.

Dikatakan Sahlul, agar Munas Desember nanti dapat berjalan dengan demokratis, maka dia meminta jangan ada intervensi atau tekanan kepada DPD II se-Sumut apabila mereka mengalihkan dukungannya kepada Bamsoet.

“Saya yakin kalau tidak ada intervensi sesungguhnya DPD II se-Sumut akan memilih Bamsoet. Karena, sejauh ini Airlangga dianggap gagal memimpin Golkar, sedangkan kami yakin bahwa Bamsoet dapat mengembalikan kejayaan Golkar secara nasional,” kata Sahlul.

Sambung Sahlul, jangan pula pencalonan pimpinan Dewan terpilih hasil pileg 2019 kemarin lalu menjadi alat sandera bagi DPP dan Golkar Sumut untuk memilih Airlangga dengan cara melakukan pleno kemudian hasilnya diserahkan ke DPP.

“Masa pak Abu Rizal Bakrie ketua Umum tidak pernah seperti ini, cukup di plenokan di DPD ll dan dihadiri tingkat l dan disahkan oleh DPD l saja,” katanya.

Mantan Ketua Korbid Golkar Sumut ini menambahkan, dia bersama rekan-rekannya yang lain akan berjuang untuk memenangkan Bambang Soesatyo sebagai Ketum Golkar di Munas 2019 ini.

“Demi memenangkan Bamsoet, saya akan turun ke daerah-daerah, Insyaallah kami bisa merebut hati DPD ll 80 persen, kapan waktunya, tunggu saja tanggal mainnya,” tegas mantan ketua DPRD Sibolga tersebut.

Keyakinan Sahlul dapat merebut hati DPD II lantaran selama ini Ketum Airlangga dan Ketua Golkar Sumut, Ahmad Doli Kurnia Gagal memimpin Golkar.

“Terbukti di Pileg kemarin  dari 17 kursi suara Golkar di DPRD Sumut turun menjadi 15 kursi. Begitu juga dengan DPR RI turun menjadi 85 kursi,” sebutnya. (mis/osi)