News

Rekening Air Tiba-tiba Naik, Pelanggan PDAM di Sondi Raya Mogok Membayar

FaseBerita.ID – Herman Damanik, warga Jalan Jarab Kelurahan Sondi Raya, Kecamatan Raya, mengaku kesal karena tagihan air PDAM Tirtalihou dirumahnya tiba-tiba membengkak.

Biasanya pemakaiannya hanya sekitar 20-30 meter kubik per bulan dengan nilai rata-rata Rp66 ribu hingga Rp100 ribu. Namun sejak Januari 2019, tiba-tiba tagihan rekening membengkak hingga 90 meter kubik.

Bahkan pada bulan Februari tagihannya 150 meter kubik dan Maret malah naik kembali menjadi 152 meter. Tagihannya mendadak naik menjadi Rp500 ribu per bulan.

“Pemakaian saya sama dengan bulan-bulan sebelumnya. Tidak ada perubahan yang signifikan, kenapa tiba-tiba tagihannya naik. Jika karena kenaikan harga, saya maklumi. Tapi kenaikan pemakaian yang saya pertanyakan,” kata Herman Damanik, melalui telepon, Selasa (7/5).

Dijelaskan Herman, karena merasa tidak memakai sesuai tagihan yang diberikan, dirinya sudah melaporkan ke kantor pembayaran di Sondi Raya. Namun dari petugas, dirinya tidak mendapat jawaban yang memuaskan dan petugas PDAM Tirta Lihou bersikeras bahwa tagihan tersebut sudah sesuai dengan pemakaian.

Karena merasa tidak mendapat keadilan, Herman akhirnya tidak membayar rekening airnya. Dengan harapan pihak PDAM datang mengecek meterannya untuk mencari solusi, terkait persoalan pembengkakan mendadak rekeningnya.

Namun ternyata pihak PDAM tidak melakukan pengecekan dan pemeriksaan akar masalah, malah kembali melayangkan surat tagihan yang jumlah pemakaiannya semakin meningkat. Karena dirinya tetap ngotot tidak mau membayar, pihak PDAM Tirta Lihou melayangkan surat peringatan pemutusan dengan tagihan Rp2,7 juta. (pra)