News

Rekapitulasi Suara di KPU Labuhanbatu: Paslon ASRI Peroleh Suara Terbanyak

FaseBerita.ID – Pasangan calon (Paslon) Bupati – Wakil Bupati Labuhanbatu nomor urut 03 Andi Suhaimi Dalimunthe – Faizal Amri Siregar (ASRI) memeroleh suara terbanyak di Pilkada serentak Kabupaten Labuhanbatu 2020.

Pasangan ASRI berhasil memperoleh 88.130 suara berdasarkan hasil Rapat Plano Terbuka Rekapitulasi Penghitungan Sura di KPU Labuhanbatu, Rabu (16/12/2020).

Hasil perolehan suara yang disahkan oleh Ketua KPU Labuhanbatu Wahyudi sekitar pukul 22.27 wib itu, di posisi kedua suara terbanyak diperoleh Paslon nomor urut 02, Erik Atrada – Ellya Rosa (ERA) dengan perolehan suara sebanyak  87.292 suara.

Kemudian disusul Paslon nomor urut 04, Abdul Roni – Ahmad Jais dengan memperoleh 28.726 suara. Selanjutnya Paslon nomor urut 01, Tigor – Idlin memperoleh 19.814 suara dan berada diperingkat keempat.

Sementara itu diposisi akhir atau ke lima diisi oleh Paslon nomor urut 05, Suhari Pane – Irwan Indra dengan perolehan suara sebanyak 12.909. Jumlah total suara dari kelima Paslon yaitu sebanyak 236.871 suara.

Dalam rekapitulasi ini, terdapat juga suara yang tidak sah dari sembilan kecamatan yang ada se Kab. Labuhanbatu yaitu sebanyak 3011 suara, sehingga jumlah total suara sah dan tidak sah diperoleh sebanyak 239.882 suara.

Dari perhitungan suara di masing-masing kecamatan, Pasangan ASRI unggul di lima Kecamatan yaitu Kec. Rantau Selatan, Kec. Pangkatan, Kec. Panai Hulu, Kec. Panai Tengah dan Panai Hilir.

Sementara ERA, rivalnya yang kalah dengan angka yang cukup tipis hanya  838 suara unggul di empat Kecamatan yakni Kec. Rantau Utara, Kec. Bilah Barat, Kec. Bilah Hulu dan Kec. Bilah Hilir.

Plano Terbuka Rekapitulasi perolehan suara di KPU Labuhanbatu terpantau berjalan cukup lancar dan kondusif. Plano dihadiri peserta yang terbatas dan hanya dikuti oleh dua saksi dari masing-masing Paslon, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Bawaslu Labuhanbatu dan KPU Labuhanbatu. (zas/fabe)

USI