News

Rekapitulasi Penghitungan Suara KPU Psp: Prabowo-Sandi Unggul Telak

SIDIMPUAN, FaseBerita.ID – Komisioner KPU Kota Padangsidimpuan telah melakukan rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara dan penetapan hasil Pemilihan Umum Tahun 2019, yang ditutup pada Selasa (7/4) kemarin.

Hasilnya, untuk perolehan suara Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden, Pasangan Prabowo-Sandi unggul telak dari Jokowi-Ma’ruf Amin.

Pantauan wartawan, dari rapat pleno terbuka yang digelar Komisioner KPU Kota Padangsidimpuan untuk rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara Paslon Presiden dan Wakil Presiden, Pasangan Calon Nomor Urut 01 Jokowi-Ma’ruf Amin mendapat perolehan sebanyak 25.039 suara, sedangkan Paslon Nomor Urut 02 Prabowo Sandi mendapat perolehan jauh lebih tinggi yaitu sebanyak 91.742 suara.

Dari perolehan tersebut, suara sah 116.781 dan suara tidak sah 1.1158. Dan jumlah total suara yaitu 117.940.

“Kegiatan ini adalah tindak lanjut dari tahapan penyelenggaraan pemilu 2019 yang dilakukan berjenjang dari tingkat KPPS, PPK hingga KPU,” ungkap Ketua KPU Kota Padangsidimpuan Tagor Dumora Lubis dan sudah menyelesaikan seluruh rekapitulasi Pemilu 2019 yang ada.

Rekapitulasi yang dilakukan, jelas Tagor, berdasarkan formulir DA1 yang sudah disepakati bersama dari tiga Dapil yang ada.

” Formulir DA1 akan diinput kedalam DB1, dan itu yang akan kami sampaikan ke KPU Tingkat Provinsi Sumut di Medan,” jelas Tagor dan menyebut rapat pleno terbuka dimulai pada 3 Mei hingga 7 Mei kemarin di Aula Hotel Sitamiang, Kota Padangsidimpuan.

Perhitungan suara ini, kata Tagor, disampaikan ke masyarakat sebagai bentuk layanan informasi dan dilakukan secara manual dari tingkat bawah hingga tingkat pusat.

“Terima kasih kepada pemerintah kota Padangsidimpuan yang sudah aktif memfasilitasi pelaksanaan kegiatan ini, juga kepada Polri dan TNI yang ikut mengamankan sehingga Pemilu di wilayah kita berjalan aman dan kondusif,” ujarnya.

Dan selama berlangsungnya proses pelaksanaan Pemilu ini, lebih dari 380 orang meninggal dunia dan lebih dari 3.000 orang yang mengalami sakit.

“Khusus di Kota Padangsidimpuan, kami KPU Turut berduka atas meninggalnya bapak almarhum Partahian Dalimunthe (personil Polres Padangsidimpuan) yang meninggal saat melakukan tugasnya.” Pungkasnya. (yza)